Akibat Cuaca Ekstrem, Beberapa Kecamatan di Padang Pariaman Dilanda Banjir dan Longsor

159
Meluapnya batang sungai paku, di Korong Duku, Nagari Pilubang, Kec, Sungai, Limau, Kab. Padang Pariaman

Padang Pariaman, PE – Akibat cuaca ekstrem yang terjadi pada Rabu (29/1/2020) mengakibatkan bajir dan longsor di 10 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Padang Pariaman.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Budi Mulya selaku Kalaksa BPBD Padang Pariaman di Parit Malintang,, setidaknya ada 21 lokasi yang terkena bencana akibat cuaca ekstrem tersebut.
Ia mengatakan, ada 8 lokasi bencana banjir,9 lokasi longsor serta ada 4 lokasi dengan kejadian pohon tumbang.

Untuk lokasi banjir terjadi di daerah Korong Duku, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau dan di Korong Sungai Sariak, Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan, Korong Rukam Pauh Manis, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago dan Korong Kampung Tanjung, Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Selanjutnya, di Korong Kapalo Banda, Nagari Kampuang Galapuang Ulakan, Nagari Sungai Buluh Barat, Kecamatan Batang Anai serta di Korong Ujuang Rajang dan, dan di Korong Padang Pauah, Nagari Ulakan, Korong Baruah Kecamatan Ulakan Tapakis.

Akibat bencana tersebut ada sejumlah rumah dan mushalla yang ikut terendam banjir, jembatan rusak dan ada jalan yang amblas sepanjang 200 meter.

Sedangkan daerah yang terkena longsor ada di Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Korong Lampajang, Korong Sungai Janiah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan Nagari Sikucur.lalu di Korong Kolam Janiah dan Korong Lansano, Nagari Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam serta di Korong Kampung Bonai, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung.

Selanjutnya Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Korong Kalampayan, Kecamatan Sungai Geringging, Kecamatan Sungai Limau serta di Korong Kampung Pinang dan Korong Koto Tinggi, Korong Guguak dan Korong Pasa Paingan,Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu.

BACA JUGA : 

Lalu ada sejumlah akses jalan yang tertutup oleh material longsor dan TK serta jalan amblas.
Lalu untuk peristiwa Untuk pohon tumbang terjadi di Nagari Sunur Tengah, Kecamatan Enam Lingkung, Korong Koto Rajo, Korong Bayur, Nagari Koto Tinggi dan Kecamatan Nan Sabaris, Nagari Kudu Gantiang, Korong Marantiah, Kecamatan V Koto Timur, Korong Kampung Tanjuang, Nagari Ketaping dan Kecamatan Batang Anai.

hingga saat ini belum ada laporan tentang adanya korban jiwa, namun akibat sejumlah peristiwa tersebut kerugian yang menimpa belum bisa diperkirakan, karena sampai saat ini Tim masih proses evakuasi dilapangan untuk membersihkan sisa banjir dan longsor, ujarnya. (Julius)