Antisipasi Siaga Bencana, Pemkab Agam Gelar Rapat Koordinasi

109
Foto : Humas

Agam, Padang Expo – Untuk meminimalisir Bencana yang akan terjadi, Pemkab Agam Bersama unsur terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) siaga darurat banjir dan tanah longsor, Rabu (15/1/2020) di Aula Utama Kantor Bupati Agam.

Dilaksanakannya Rakor tersebut untuk menindaklanjuti keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Barat Nomor : 360-975-2019 tentang penetapan status siaga darurat bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor di wilayah provinsi dengan waktu siaga darurat bencana mulai tanggal 8 Januari sampai 29 Februari 2020.

Martias Wanto selaku Sekretaris Daerah Agam dalam sambutannya mengatakan, diadakannya rakor ini dengan tujuan untuk melakukan persiapan dalam penanggulangan bencana yang terjadi di Kabupaten Agam.

“Dengan dilaksanakannya rakor ini karena mengingat dan menimbang bahwa Kabupaten Agam menjadi langganan bencana. Pasalnya hampir setiap bencana alam ada di Kabupaten Agam. Bisa dikatakan seluruh kecamatan merupakan daerah berpotensi bencana,” jelas sekda.

Ketika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, Agam pasti terkena bencana alam.

Maka dari itu Sekda mengingatkan agar sekiranya tim gabungan BPBD melalui Satgas bisa bergerak cepat untuk menanggulangi kebencanaan tersebut.

“ Namun semuanya tidak terlepas dari kerjasama dan peran aktif dari dunia usaha dalam hal mendukung sarana maupun prasarana Pemerintah saat terjadinya bencana” harap Martias.(anz)

Baca Juga :  3 Orang PDP COVID-19 di Agam Sembuh, Setelah Melewati Masa Isolasi