Banjir Bandang di Tanah Datar, Beberapa Bangunan dan Jalan Rusak

222

Tanah Datar, Padang Expo – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar,beberapa waktu ini menyebabkan banjir di sejumlah lokasi, pada Jumat (17/1/2020).

Kasmir selaku Satgas Bencana Kabupaten Tanah Datar mengatakan, Hujan lebat terjadi pukul 03.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB pagi tadi. Kejadian galodo (banjir bandang) terjadi pukul 05.00 WIB sampai 06.00 WIB, ujarnya.

Banjir bandang yang terjadi di Jorong Tanjung Sawah, Nagari Padang Laweh Malalo, Batipuh Selatan, Tanah Datar, membuat sejumlah bangunan rusak. Adapun keterangannya mengatakan ada enam rumah warga, dua bengkel, serta kantor PDAM yang terkena imbas banjir bandang tersebut.

“Kita dapat informasi satu unit mobil pribadi terseret banjir bandang sampai jatuh ke Danau Singkarak,” tuturnya.

Kasmir mengatakan, selain banjir menyebabkan jalan yang menghubungi Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok rusak serta tertimbun batu dan kayu.

“Lebih kurang sekitar 150 meter panjang jalan yang tertutupi batu-batu dan kayu-kayu yang terbawa banjir bandang. Kini petugas dari BPBD Kabupate Tanah Datar sudah berada di lokasi untuk membantu masyarakat yang terkena banjir bandang,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui kerugian akibat banjir bandang tersebut. Namun, Kasmir memastikan, banjir bandang tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.(Dwi)

BACA JUGA :  Tersangka Narkoba yang Nekat Loncat ke Danau Singkarak, Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa Lagi