DLH Pasaman Barat Dukung Anwar Untuk Raih Kalpataru Nasional

205
Anwar warga jorong Situak Ujunggading saat menerima bantuan bibit dari DLH Pasaman Barat.

Ujunggading, Padangexpo. Com – Anwar warga jorong Situak Ujunggading Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat adalah penyelamat lingkungan, sudah selayaknya diapresisasi mengingat perannya cukup strategis bagi pemanfaat lingkungan yang berada disekitarnya.

Hal tersebut diketahui saat Tim pendampingan peduli Lingkungan Kalpataru Kabupaten Pasaman Bara Barat, Sumbar yang dipimpin Andrinaldi selaku kepala dinas Lingkungan Hidup melakukan pembinaan langsung kepada Anwar selaku calon penerima Kalpataru tingkat Nasional.

Untuk apresiasinya, Dinas lingkungan Hidup Pasbar mendatangi Anwar pada Rabu 22/1/2020, DLH menyerahkan bantuan bibit berupa tanaman kayu Mahoni 30 batang, Bayur 15, Duku 5 batang, Jambu Jamaika 5,Jambu Biji Merah 5,Petai 6, Pokat 6 dan bibit Jengkol 4 batang untuk ditanam sekitar areal hutan seluas 5 hektar tersebut.

Pada kesempatan itu, tim meninjau 6 lokasi sumber mata air, dari sekian banyak yg ada diareal hutan alam dan hutan buatan milik Anwar. Semua mata air disini selalu mengeluarkan air meskipun musim kemarau yang menyatu kehilir membentuk sungai Batang Bayang yang merupakan sungai terbesar kedua setelah batang Sikerbau di Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang.

Andrinaldi menuturkan “Kecintaan pak Anwar pada pepohonan sudah dibuktikan dengan tetap mempertahankannya dan diantara pepohonan itulah ditanami Kopi, Cabe Rawit dan tanaman pinang untuk sumber penghasilan belanja dapur. Dengan hidup sederhana nampak pada beliau dengan tidak ikut tanam sawit yang banyak menguras air tanah,” ungkap Adrinaldi pada wartawan, Jumat (24/01/2020).

Dengan penghasilan 300 ribu tiap minggu dari hasil taninya kopi, cabe dan pinang sudah cukup untuk menghidupi keluarganya. Kesederhanaan beliau terlihat tidak miliki motor, hp, baju bagus, rokok pabrikan bahkan kebun pun tanpa alas kaki. Baginya mendengar kicauan burung dan sahutan rimbo adalah kenikmatan tersendiri.

“Pada tahun 2020 ini, Dinas Lingkungan Hidup Pasbar mendukung penuh kepedulian Anwar dengan lingkungan, Ia dipromosikan ke level Nasional, Semoga Pak Anwar sukses membawa harum nama Kabupaten Pasaman Barat,” harap Adrinaldi Raih Kalpataru.(by.roni)