‘Jalin silaturrahim’ Forum RT Kelurahan Pasar Usang Berwisata ke Pesisi Selatan

167

Padang Panjang, Padang Expo – 16 RT yang berbeda di kelurahan Pasar usang berwisata raun-raun bersama untuk mempererat tali silaturahmi pada hari Minggu tgl 19/1/2020.

Agenda tahunan kali ini sengaja dibuat guna untuk dapat meningkatkan hubungan silaturahmi di 16 RT di kelurahan Pasar usang.

pada tahun 2020 ini forum RT beserta LPM telah merencanakan dan di sepakati berwisata bersama ke puncak Mande dan ke Muaro karam pesisir Selatan, rombongan yang ikut sekitar 50 orang, berangkat dengan mobil Pemda kota Padang panjang sebanyak 2 mobil.

Atas kesepakatan bersama bagi bapak-bapak dan ibuk-ibuk RT beserta perangkatnya yang akan ikut jalan-jalan di harapkan telah berkumpul di simpang globe setengah jam sebelum keberangkatan yaitu pukul 5.30. dan pada pukul 6.00 mobil langsung berangkat menuju daerah yang telah direncanakan bersama.

Setelah sampai di daerah kayu tanam jam 6,30. rombongan kami di transit naik kereta api, pada waktu yang telah di tetapkan kereta pun melaju meninggalkan daerah kayu tanam untuk menuju ke daerah stasiun dulu.

Banyak pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan yang mana belum pernah kami lihat selama ini, juga Senda gurau bapak-bapak dan ibu-ibu RT berserta perangkat RT sangat terlihat dari canda tawa bersama, sambil Selfi-selfian dan tidak terasa kamipun sampai di daerah duku, kamipun naik mobil kembali untuk melanjutkan perjalanan ke daerah pesisir Selatan.

Mobil melaju begitu cepat, sekitar jam 11. Lebih kurang kami telah sampai di daerah yang dituju yaitu puncak Mande, setelah turun dari mobil rombongan menuju tenda-tenda yang telah tersedia oleh tuan rumah, ada yang sibuk Selfi dan banyak juga dari kami yang menikmati kuliner disana juga tidak ketinggalan minum Air kelapa muda.

Baca Juga :  Isra' Mi'raj Momentum Mensyukuri Nikmat Allah

Setelah puas menikmati pemandangan alam deri ketinggian dan foto bersama rombongan kami melanjutkan perjalanan ke daerah muara karam, dengan mobil yang cukup melaju kencang akhirnya rombongan forum RT yang di komandoi oleh Buya Jasriman Caniago sampai di muara karam sekitar jam 12.30 waktu solat Zuhur, kamipun tidak menyia-nyiakan waktu, kami berkumpul di mushalla yang ada disana untuk melakukan solat Zuhur berjamaah.

Setelah selesai sholat kamipun berkumpul dibawah rindangnya perpohonan vinus yang berjejer di sepanjang lokasi tempat kami melantai, dari bapak-bapak dan ibu-ibu sudah mulai mengembangkan tikar yang telah di bawa dari rumah sebelumnya, kamipun mengeluarkan ransum-ransum untuk bersantap makan siang bersama.

Setelah selesai makan sekitar jam 2.00 an kamipun berkumpul di lapangan yang ada dekat lokasi kami untuk mengikuti suatu permainan yang telah diagendakan sebelumnya yaitu untuk mengikuti permainan outbound yang dibawah panduan seseorang yang sudah berpengalaman di tingkat Sumbar yaitu saudara Jhoni Aswan,

Sebelum kegiatan aotboun dimulai kordinator forum RT Buya jasriman Caniago juga menyampaikan pandangan tentang
Forum RT Pasar Usang dibentuk th 2017 dan merupakan forum RT pertama di padang panjang. Setiap bulan ada pertemuan, yang digilir dari rumah ke rumah ketua RT.

Selain silaturahmi, dalam pertemuan itu dibicarakan berbagai hal tentang kegiatan pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Setiap tahun forum acara raun basamo, yang juga mengajak lurah dan LPM. Pada minggu, 19 jan 2020, raun basamo ke Pesisir Selatan. Kegiatan ini untuk menguatkan silaturahmi dan meningkatkan kapasitas SDM melalui outbond.

“Silaturahmi Kuat, Pasar Usang Maju”, itulah motto kami. Dan alhamdulillah, sampai saat ini seluruh ketua dan perangkat RT kompak. Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang ulas jasriman.

Baca Juga :  Herman Maher Kembali Berikan Bantuan Tambahan Alat Kerja Bagi Warga di Lubuk Mata Kucing

Setelah pemaparan Jasriman, Jhoni Aswan pemandu aotboun mengumpulkan kami di sebuah lapangan dan kamipun diminta untuk berjejer membentuk sebuah lingkaran,

Dalam permainan outbound kamipun ikut semuanya juga tidak mau ketinggalan pak Datuak dari RT 4 yang usianya sudah 76 tahun ikut bermain bersama kami, di samping itu masih banyak peserta aotboun yang usianya di atas 50 tahun,

Bermacam-macam permainan aotboun yang di gelar, salah satunya untuk menguatkan daya ingatan kita kembali, permainan aotboun untuk menyampaikan pesan terhadap kita di forum RT ini ulas Jhoni Aswan, terapi dalam permainan tersebut ketua LPM yang paling banyak mendapat coretan kopi di wajah, walaupun demikian kami semua sangat terhibur dengan permainan tersebut karena semua peserta mendapat bagian semua coretan kopi di wajah.

Permainan outbound kami ikuti bersama lebih kurang selama 3 jam, setelah permainan outbound selesai kamipun bersiap-siap untuk naik mobil pada pukul 5 sore untuk menuju perjalanan pulang.

Dalam perjalanan pulang kami sempatkan mampir di perbatasan sipang tiga pesisir Selatan untuk foto dan Selfi-selfian bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang tergabung dalam forum RT.

Setelah beberapa waktu kemudian mobil kamipun melaju ke arah kota Padang, sebelum sampai di kota Padang mobil kami berhenti di salah satu tempat orang menjual kuliner, semua anggota yang ikut juga turun untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Sesampai kami di kota Padang azan magrib pun ber kumandang, kami berhenti di salah satu Mesjid, yaitu Mesjid Raya untuk melakukan solat magrib berjamaah bersama.

Setelah selesai solat magrib, perutpun sudah terasa lapar dan kamipun mencari tempat makan untuk mengisi perut, mampir di salah satu rumah makan di depan Transmart ada yang menjual Pical lele kamipun bersantap disana.

Baca Juga :  Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Wako Fadly Bersama Wawako Drs Asrul : Tetap Bangun Sinergi, Kolaborasi dan Inovasi Ditengah Pandemi

Dan sebagai dari kami ada juga yang mengambil kesempatan untuk singgah ke Transmart untuk berbelanja dan membeli tambahan oleh-oleh untuk di bawa pulang.

Padang pukul 9 lebih kurang kamipun berkumpul dan bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan pulang, tetapi sebagai rombongan yang belum sempat makan malam meminta untuk mampir lagi di rumah makan Pical lele di depan Coca cola, dan kami pun turun semua, bagi yang sudah makan tadi cukup menikmati minuman berupa teh,kopi, atau just buah lainnya.

Sekitar jam 22.30 kamipun naik ke mobil untuk melanjutkan perjalanan pulang, di dalam perjalanan pulang masih banyak juga yang ber- karoke ria menjelang sampai dirumah, dan tidak lama kemudian sekitar jam 12 malam kami pun sampai di Globe Pasar usang kembali.(YB)