Pemko Payakumbuh Gelar Apel Siaga Bencana di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah

104

Payakumbuh, padangexpo.com – Pemerintah kota Payakumbuh terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran dan instansi terkait dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di kota Payakumbuh. Salah satunya dengan menggelar apel siaga bencana di Medan nan bapaneh Ngalau indah, Kamis(23/1/2020.

Turut hadir dalam apel siaga bencana Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz,Bupati Kabupaten 50 Kota Irfendi Arbi, Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan, Unsur Forkopimda beserta TNI dan Polri.

Ditemui tim humas, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengatakan pelaksanaan apel siaga bencana hari ini merupakan langkah sebagai bentuk kesiapan dalam menanggulangi bencana yang mungkin akan terjadi pada kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini.

“Seluruh elemen dan stakeholder terkait dituntut untuk siap siaga menghadapi dan menanggulangi bencana, Karena kita ketahui bencana itu akan menimbulkan kerugian di berbagai sektor, Baik itu Pendidikan, Kesehatan dan Transportasi. Tentu kerjasama ini membutuhkan kerjasama yang terpadu dari berbagai elemen,”kata Erwin.

Ditambahkannya Pagi ini kita juga telah melakukan pengecekan personal dan peralatan, Alhamdulillah kota Payakumbuh dengan tim yg kuat dari BPBD dan seluruh instansi yang terkait terlihat kesiapannya. Semakin hari semakin baik. Karena memang kita selalu melakukan koordinasi antara pimpinan dan jajaran dalam komunikasi yang selalu terjaga.

“Kami melakukan komunikasi dan koordinasi melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) yang di dalamnya ada BPBD, Elemen masyarakat serta Dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, TNI dan Polri serta KSB di Kelurahan yang ada di kota Payakumbuh. Melalui TRC inilah setiap terjadi bencana di Kota Payakumbuh kami langsung cepat mendapatkan informasi dan langsung turun ke lapangan untuk menanggulangi bencana tersebut,”ujarnya.

Baca Juga :  Wawako Erwin Yunaz Lakukan Test Swab Lanjutan Setelah Dinyatakan Positif

Selanjutnya Erwin mengatakan kepada instansi terkait untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, Sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi di Kota Payakumbuh serta menyiapkan dan memelihara kondisi fisik dan mental untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun.

Senada dengan Erwin Yunaz, Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan mengatakan menindak lanjuti SK Gubernur Sumatera Barat tentang status siaga bencana, Hari ini kami melakukan apel siaga bencana. Pada apel ini kami melakukan pengecekan kesiapan personil, kesiapan peralatan dan komunikasi yang baik antar instansi pemerintah dibantu oleh TNI dan Polri dengan harapan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan sebagaimana yang diharapkan,” paparnya.

Lanjutnya, ke depan diperlukan perhatian serta antisipasi bersama dalam menghadapi fenomena perubahan iklim cuaca ekstrim yang berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor, jalan dan tanah amblas dan bencana alam lainnya.[rilis humas kmf]