Perampok Toko Emas di Batusangkar Ternyata Pakai Pistol Mainan

130
Tersangka HB saat diperiksa di Polsek Lima Kaum

Batusangkar,Padang Expo – Warga bersama Kepolisian Polres Tanah Datar, berhasil mengamankan HB (49), saat melakukan perampokan pada sebuah Toko Mas ‘Permata Reno’ dengan cara menodongkan pistol mainan di Jalan Soekarno-Hatta Batusangkar, Jumat (10/1/2020) sekira 10.30 WIB.

AKP Purwanto selaku Kasat Reskrim Tanah Datar mengatakan “Aksi perampokan yang dilakukan dengan menodongkan senjata api mainan itu berhasil digagalkan warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut,” ujarnya.

Beliau mengatakan, bahwa kejadian perampokan tersebut bermula saat pelaku yang merupakan Warga Kecamatan Salimpaung itu pura-pura hendak membeli emas, sebanyak tiga (3) mas dalam berupa bentuk cincin.

Tidak lama setelah itu, Engki (47) sebagai penjaga Toko Mas Permata Reno menyerahkan emas yang akan dibeli tersangka, selang berapa lama emas sudah berada ditangan pelaku, tiba-tiba pelaku mengeluarkan pistol mainan tersebut lalu mengarahkan kepada korban sambil melarikan diri.

Engki selaku penjaga Toko Mas Permata Reno pun tak kehilangan akal, begitu melihat pelaku melarikan diri, Engki langsung teriak maling sehingga teriakan Engki terdengar oleh saksi yang atas nama Budi Nasution langsung menangkap pelaku bersama para saksi lainnya.

Sebelum digelandang ke Kantor Polisi pelaku sempat dipukul warga, tidak lama setelah itu pelaku langsung dibawa ke Polsek Lima Kaum.

“sebelum dibawa ke Kepolisian, Pelaku sempat dipukul warga akhirnya pihak kepolisian mengamankannya dan membawanya ke Polsek Lima Kaum sebelum dibawa ke Mapolres Tanah Datar,” katanya.

Dalam peristiwa tersebut, Polisi mengamankan dari tangan Pelaku 1 Pucuk Senjata Mainan yang berwarna hitam serta cincin emas dengan berat sebesar tiga (3) emas. Dalam hal ini Pelaku disangkakan telah melanggar Pasar 365 Tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Cara Kekerasan.(Dwi)

Baca Juga :  Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Datar, Ringkus 5 Orang Pelaku Narkoba Jenis Shabu