Pessel Akan Selenggarakan Pilwana Serentak Pada 19 Nagari di Tahun 2020

111

Pesisir Selatan, Padang Expo – Sebanyak 19 nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) akan melaksanakan pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak di tahun 2020 ini.

Pelwana serentak yang direncanakan pada Mai 2020 itu, karena 19 wali nagari tersebut telah habis masa jabatanya.

Para wali nagari tersebut, rata-rata telah habis masa jabatanya pada pertengahan Januari 2020 ini.

Karena Pilwana direncanakan pada Mai 2020, sehingga untuk mengisi kekosongan perlu ditunjuk pejabat sementara (Pjs) yang diambilkan dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2Kb) Pessel, Wendi Kamis (9/1) di Painan.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah mempersiapkan draf Surat Keputusan (SK) penunjukan Pjs wali nagri pada 19 nagari yang sudah habis masa jabatanya itu.

“Ini kita lakukan agar tidak ada kekosongan jabatan pada 19 nagari yang telah habis masa jabatan itu. Sebab pemilihan wali nagari serentak itu kita rencanakan pada Mai 2020 nanti,” ujarnya.

Dikatakan lagi bahwa Pjs wali nagari tersebut akan dilakukan pelantikanya secara serentak pada Januari 2020 ini. Tujuanya agar proses persiapan pelaksanaan Pilwana serentak bisa tercapai maksimal.

“Saya berharap proses persiapan Pilwana serta juga pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat nagari bisa berlangsung sukses dan menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis. Makanya pelantikan Pjs ini akan kita segerakan pada Januari 2020 ini,” ungkapnya.

Menurut Wendi lagi, para Pjs Wali nagari yang akan dilantik itu, diambilkan dari ASN yang berada di kecamatan. Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapan Pilwana pada masing-masing nagari yang dipercayakan.

“Namun perlu saya ingkatkan kepada semua Pjs wali nagari agar bersikap netral, dan tidak memihak kepada calon manapun,” ingat Wendi mengakhiri.(Release Humas)

Baca Juga :  Pessel Terapkan Belajar Tatap Muka Dengan Prokes Yang Ketat