Polres Payakumbuh Grand Launching Aplikasi Android “Polisiku”

108

Payakumbuh, padangexpo.com – Setelah menuai sukses di Kota Solok, sekarang Kapolres Payukumbuh AKBP Dony Setiawan kembali mengulang kesuksesan di kota Batiah. Ia kembali membuat gebrakan baru untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kamis (23/1/2020) di Mapolres Payakumbuh Jl. Pahlawan, Kota Payakumbuh.

Gebrakan yang dibuat Kapolres Payukumbuh AKBP Dony Setiawan sebuah Aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, karena dalam aplikasi tersebut banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya “Panic Botton” (tombol darurat).

Doni menerangkan bahwa Panic Botton berfungsi “Ketika ada kejadian yang menimpa baik diri sendiri ataupun orang lain, maka dengan Panic Botton masyarakat dapat menekan tombol ini, setelah itu polisi akan menghubungi dan menginformasikan kepada masyarakat yang menekan tombol tersebut melalui HP, kemudian petugas akan melakukan tindakan sesuai dengan kondisi kejadian,” kata Doni setiawan.

Kapolres Payukumbuh AKBP Dony Setiawan

Lebih Lanjut AKBP Dony Setiawan mengatakan, Pihaknya ingin mendorong masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan, sebab fitur ini akan lebih sering digunakan masyarakat di tempat kejadian.

Selain Panic Botton ada juga fitur lainnya di aplikasi Polisiku, seperti, Pengaduan masyarakat, Pendaftaran SIM baru atau perpanjang, Pendaftaran SKCK, Pendaftaran SKBN, SP2HP Online, Ijin Keramaian, SPDP Online, Surat Keterangan Kehilangan, Cek Kendaraan Hilang, Pengawalan dan lain sebagainya”.

Dalam hal ini AKBP Dony Setiawan mengatakan, di Sumatera Barat baru dua Polres yang telah menerapkan aplikasi berbasis android ini, yakni Kota Payakumbuh dan Kota Solok. Hanya dua hari sosialisasi, warga masyarakat Payakumbuh telah mendownload sebanyak 8000 orang aplikasi Polisiku, sementara di Kota Solok data yang termonitor sekitar 6000 orang, katanya.

Acara Launching tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Bupati Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP, Forkopinda Kota Payakumbuh dan Kabupten Limapuluh Kota.

Baca Juga :  Covid-19 di Payakumbuh Masih Zero, Gubernur Sumbar : Jangan Sampai Lengah

Erwin Yunaz selaku Wakil Walikota Payakumbuh dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi “Inovasi yang dihadirkan oleh Kapolres Payakumbuh akan sangat bermanfaat bagi masyarakat , kehadiran inovasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari kepolisian”.

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengucapkan terimakasih kepada Kapolres karena telah menghadirkan inovasi baru yang dapat mempermudah untuk memangkas birokrasi dan waktu, katanya. (dd/pdx/pionir)