RT 16 Kelurahan Pasar Usang Menuju Kampung Literasi

211

Padang panjang, Padang Expo – Dalam rangka menjadikan RT 16 kelurahan Pasar Usang Padang panjang barat sebagai kampung litetasi yang memiliki dampak ekonomi, masyarakat sekitar juga memanfaatkan lahan tidur yang berlokasi di RT 16 ini dengan menanam bawang pray dan tompang sari dan sebagainya di kebun milik PKK pada tanggal 23-24/1/2020.

Kegiatan berbenah ini dilakukan dalam waktu dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Kamis dan Jumat oleh sebagian besar warga yang berdomisili di RT 16 ini.

Disamping penanaman bawang dan sayuran dilakukan, warga setempat juga mengadakan pengecatan di sekitar lingkungan biar terlihat semakin indah dan asri.

Kegiatan ini dilakukan dengan secara swadaya oleh masyarakat, di samping itu juga Romi Ar Rahman selaku Lurah Pasar Usang yang juga selalu dekat dengan warganya ikut membantu cat warna sebanyak 12 kaleng isi 5 kg, ibu RT 16 juga membantu sebanyak 3 kaleng, dan tidak ketinggalan warga RT 16 ibu Susanti juga ikut berpartisipasi memberikan bantuan sebanyak 5 kaleng cat.

Masih banyak partisipasi warga lainnya seperti menyediakan snack dan makanan ringan lainnya untuk mereka yang bekerja tidak memandang lelah.

Kegiatan gotong royong selama dua hari tersebut dihadiri Lurah beserta staf, ibu lurah selaku Ketua PKK kelurahan beserta kadernya, LPM dan Ibu RT beserta perangkatnya, dan tenaga THL kelurahan Pasar usang dan warga RT 16 secara umum.

Ditengah kesibukan tersebut ibu RT 16 Nini Yanti juga menjelaskan, “Tujuan kampung literasi ini dapat menjadikan anak-anak lebih betah berada di lingkungan sendiri, kita juga mempunyai pojok baca anggrek merah jadi anak-anak berlajar sambil bermain dalam suka ria ”ujarnya.

Sedangkan untuk di bidang dasawisma sendiri memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam agar dapat kita jadikan untuk menambah nilai ekonomi di RT 16 ini sendiri,

Baca Juga :  Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Wako Fadly Bersama Wawako Drs Asrul : Tetap Bangun Sinergi, Kolaborasi dan Inovasi Ditengah Pandemi

Disamping itu juga RT 16 akan terlihat lebih asri, indah dan bersih sehingga nantinya bisa dijadikan tempat berkunjung dan wisata keluarga nantinya, ulas Nini.

Nini juga menjelaskan dengan terus berbenah, dan kerjasama kominfo kota Padang Panjang yang setiap harinya mendistribusikan koran ke Pojok Baca Anggrek Merah untuk menambah wawasan masyarakat dalam mendapatkan informasi terbaru di RT 16 sendiri, sebutnya.(YB)