4 Rumah Warga Tertimbun Longsor di Kecamatan Bayang

107

Pesisir Selatan (PADANG EXPO)

Hujan lebat mengguyur jumat (14/2/2020) sore, di sebagian wilayah kabupaten Pesisir Selatan, selain membuat banjir, juga menyebabkan empat unit rumah warga di Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang. Terkenah longsoran tanah dari atas bukit.

Guna membuka askes jalan ke lokasi tersebut akibat tertutup tanah, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum ( PU), menurunkan dua unit alat berat untuk membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga di sejumlah titik di Kecamatan Bayang, Sabtu (15/2/2020).

Digdian Budiman selaku Kabid Bina Marga, mengatakan,”Kita telah menurun dua alat berat jenis eksavator dan laoder. Alhamdulillah kami bersama BPBD, pihak kecamatan dan juga dibantu oleh masyarakat setempat, telah berhasil membersihkan material longsor di Lereng Bukit dan Gunung Cerek,” ungkapnya.

Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni ketika dikonfirmasi mengatakan jika Pemkab Pessel telah menurunkan alat berat dinas PU Pessel, Dinas Sosial (Tagana), Camat dan Wali Nagari untuk membantu warga, sekaligus menyerahkan bantuan ke rumah warga yang terdampak hujan lebat kemarin sore.

Bupati menerangkan ”Saya minta penanganan ini harus cepat, dan bisa cepat selesai, sehingga kegiatan masyarakat bisa berjalan normal kembali,” ujarnya, Sabtu (15/2/2020).

Sebelumnya, sebagaimana diketahui, hujan lebat yang melanda kabupaten pesisir Selatan, Jumat (14/2/2020) siang hingga menjelang magrib, selain mengakibatkan banjir namun juga terjadinya longsor sehingga menimbun rumah warga di daerah setempat. Longsornya terjadi sekira pukul 17.00 WIB disaat hujan lebat.

Bupati Hendrajoni tetap menghimbau pada masyarakat di Pesisir Selatan agar selalu mewaspadai anomali cuaca, sewaktu – waktu bisa berubah. Untuk itu, Pemkab Pessel tetap menyiagakan dan menyiapkan Dinas BPBD, dan Dinas terkait untuk terus memonitor keadaan.

Baca Juga :  Warga Bernyanyi, Prostitusi Berkedok Kos kosan di Padang Diduga Mempunyai Backing Yang 'Super Power'

Ia juga meminta kepada Camat dan Wali Nagari, agar cepat melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, ataupun PD nya jika ada kejadian di wilayahnya masing-masing.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, ada 4 unit rumah warga yang terimbas tanah longsor, yaitu :

  • Asril, (65), Alamat Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang (Mengalami Metrial Lonsor Batu dan tanah masuk ke Ruangan Keluarga dan Kamar).
  • Hendri Eka Putra (48) Alamat Kampung Lereng Bukit, Kenagarian Gurun Panjang, Kecamatan Bayang (Mengalami Material longsor batu dan tanah masuk keruangan keluarga).
  • Datuk Medan (56) Kampung Putih, Ken.Gurun Panjang Selatan. (Mengalami bagian dibelakang dapur rumahnya dilanda material longsor).
  • Siti Afrida (51) Alamat Bukit Putuih, Kenagarian Talaok, Kecamatan Bayang (Mengalami Material longsor batu dan tanah masuk Dapur dan menimpa Satu Unit Sepeda Motor Beat, Sepeda 2 Unit, Alat- alat Dapur dan Satu buah tempat tidur dari Kayu)

Pada saat itu, Iptu Advianus selaku Kapolsek Bayang bersama jajaran dan warga setempat juga ikut membantu evakuasi tanah longsor tersebut.**

Pewarta : Dyah
Editor : Redaksi