Ajo Pasbar Sosialisasikan Tentang HOAX dan UU ITE di SMANSA Pasaman Dalam Rangka Menyambut Hari Pers Nasional

219
Ketua Ajo Pasbar saat pembukaan acara sosialisai bersama siswa SMANSA 1 Pasaman

Simpang Empat,PE – Bertempat di di Mushola SMANSA Pasaman Simpang Empat Perkumpulan Jurnalistik Online Pasbar melaksanakan sosialisasi terkait Hoax dan UU ITE terkait dengan dilaksanakannya Hari Pers Nasional, Sabtu (8/2/2020).

Acara Sosialisasi yang dihadiri oleh lebih kurang 60 siswa SMA N 1 Pasaman tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1, Husin.

Kepala sekolah SMAN 1 Husin dalam sambutannya melalui Wakasek Bidang Humas, Asman menekankan kepada siswa agar mampu memilah rangkaian informasi yang bisa menyesatkan, apalagi nenurutnya di era sekarang rata-rata pengguna sosial saat ini akan tertarik bila melihat adanya informasi baru, sementara kebenarannya belum dapat dibuktikan.

“Hati-hati terhadap status atau judul suatu informasi di medsos, teliti, cemati dan pahami dulu sebelum mensharenya ” jelasnya.

Ketua AJO Pasbar, M Fadli Nasution pada kesempatan itu mengatakan bahwa, selama ini kita akan lebih suka melihat adanya status atau judul yang menarik, sementara menurut Fadli apa yang ditulis pada judul dan status tersebut belum tentu benar, makanya harapannya agar jangan buru-buru di share.

Ditambahkannya bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pers Nasional.

“Melalui kegiatan ini kita berharap agar generasi kita ke depan tidak lagi terjerat dengan berita-berita hoax dan terhindar dari UU ITE” harapnya.

Sementara Andika Adi Sahputra salah satu anggota pengawas di AJO dan saat ini juga sebagai wartawan TVRI Sumbar sebagai pemateri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sosialisasi ITE ini khusus ditujukan kepada adik-adik agar mempergunakan alat komunikasinya untuk informasi yang positif.

Menurutnya hoax berdasarkan Kamus besar Bahasa Indonesia Hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber, yakni informasi yang terlihat benar, tetapi dibuat seolah-olah benar.

Baca Juga :  Ancam Wartawan, Oknum Kadis Lingkungan Hidup di Pasaman Dilaporkan ke Polisi

Lebih jauh Andika mengenalkan kepada siswa Smansa Pasaman bagaimana mengantisipasi penyebaran hoax dan bagaimana menyikapinya serta mencegah agar hoax tersebut tidak menyebar.

Andika menyampaikan, jika ingin melihat kebenaran dalam satu berita, maka disarankan agar dicek dulu tentang kebenarannya, ” jika adik-adik menemukan adanya hoax, dan agar hal itu tidak menyebar, adik-adik bisa melaporkan hoax tersebut ke laman web trustpositif.kominfo.go.id” serunya.(by.roni)