Akibat Hujan Deras, Banjir Meluas di Tiga Nagari Kabupaten Solok

156

Solok, PE – Akibat hujan deras yang mengguyur sejak jumat malam (7/2/2020), sebanyak tiga Nagari di Kabupaten Solok terendam banjir pada sabtu pagi (8/2/2020).

Armen selaku Kepala BPBD Kabupaten Solok, mengatakan “dari data yang diperoleh BPBD Kabupaten Solok, ada tiga Nagari yang terkena dampak banjir, adapun nagari tersebut Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukik Sundi, Nagari Kinari dan Nagari Talang Babungi Kecamatan Giliran Gumanti,”ujarnya, sabtu (8/2/2020).

Ia mengatakan, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Solok telah berada pada tiga lokasi tersebut untuk membantu mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman sekaligus melakukan pendataan.

Adapun ketinggian genangan air dilokasi pada saat ini mencapai 20 hingga 60 cm. Akibat dampak banjir tersebut, sementara waktu aktivitas masyarakat terganggu.

dari data yang diperoleh, banjir pada dua lokasi, diantaranya Jorong Talang Timur dan Jorong Talang Barat. Sedangkan untuk di Nagari Muaro Paneh,luapan Batang Lembang terjadi di tiga jorong.

“Di Muaro Paneh, luapan Batang Lembang terjadi di Jorong Balai Pinang, Jorong Koto Panjang, dan Jorong Koto Kaciek,” ujarnya.

beberapa sekolah juga ikut terendam banjir di Nagari Muaro Paneh, yaitu SD Negeri 09, Ponpes Royatul Islam dan TK Muara Kasih. Untuk sementara, kegiatan Proses Belajar Mengajar disekolah tersebut diliburkan.

Ia juga mengatakan, “sejauh ini menurut keterangan dari hasil laporan dilapangan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini,” ujarnya.(dd)

Baca Juga :  Ridho, Salah Satu Pekerja Bangunan Renovasi Kantor KAN Kecamatan Luki Dibacok Orang Tak Dikenal