Darpinso, Terbaring Pasrah di RSUD Pasbar Karena Tak Punya Biaya

243

Pasbar,PE – Darpinso (53) salah seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Jambak, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) asal Kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau, butuh uluran tangan dari para dermawan untuk tebus obat di apotek.

Memasuki hari ketiga, pasien tersebut belum bisa membeli resep sejumlah obat yang harus dibelinya di apotek. “Saya belum ada dana untuk menebus resep obat yang diberikan dokter,” kata Darpinso kepada wartawan, Sabtu (1/2/2020).

“Tadi sudah ditanyakan ke apotek, dana untuk menebus resep sejumlah obat membutuhkan dana senilai Rp1juta, jadi terpaksa hanya sekedar nanya saja dulu,” ungkap dia.

Sebelumnya, Darpinso yang merupakan warga kategori miskin ini tergeletak sakit dan tidak bisa bangun sudah lebih dari 15 hari. Ia juga sudah beberapa kali dibawa berobat ke Puskesmas Nagari Kajai, namun tak kunjung sembuh, bahkan kondisi nya semakin melemah.

Warga ini tidak punya KTP dan BPJS. Kartu Keluarga (KK) Darpinso pun hanya tercatat “menumpang” sebagai anggota keluarga dalam KK adiknya bernama Ali Umar, yang juga kepala keluarga kurang mampu di daerah itu.

Ketua Kolaborasi Kemanusiaan Kabupaten Pasbar, Decky Harmiko Saputra mengatakan, sebelumnya pihaknya menerima laporan bahwa ada warga miskin, yang saat itu terbaring sakit karena tidak ada biaya perobatan lebih lanjut.

Decky menjelaskan, Darpinso sebelumnya berobat ke Puskesmas yang terletak di Nagari Kajai, namun ia tak kunjung sembuh, bahkan kondisinya semakin parah, sehingga ia tidak mampu bangun.

Sambungnya, Darpinso dan keluarganya hanya bisa pasrah, karena mereka tidak mampu. Sedangkan sakit yang dideritanya belum diketahui, karena diagnosa dokter belum diketahui.

“Saat ini para relawan masih menggalang dana, sementara dana kas yang ada telah menipis. Kita berharap, semoga ada dermawan yang berkenan membantu biaya obat pak Darpinso ini dan bisa menyalurkan dana bantuannya,” harapnya.

Baca Juga :  Ketua IKW RI Sumbar, Hendrison : Sampaikan Informasi CoVID-19 Dengan Baik dan Benar

Kepada para dermawan yang ingin ikut berkontribusi dalam gerakan sosial kemanusiaan ini, bisa menyalurkannya melalui nomor rekening MRPB PEDULI di BRI Cabang Pasbar 0615-01-008410-53-1.(by roni)