Petani Madina dan Petani Kampar Belajar Budidaya Serai Wangi di Pasbar

370

Pasbar, PE – Ketua Asosiasi Masyarakat Peduli Nilam dan Serai Pasbar, Indones Rajo Mangkuto duduk di tengah memberikan pemaparan kepada petani di RM Bernama Jambak. Sabtu (1/2/2020)

Petani Kabupaten Madina, Sumatera Utara dan Petani Kabupaten Kampar, Riau, bersama- sama berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, guna mempelajari pengolahan dan budidaya serai wangi.

“Kedatangan petani di dua Kabupaten ini untuk belajar bagaiaman cara mempelajari pengolahan dan budidaya serai wangi,” kata Ketua Asosiasi Masyarakat Peduli Nilam dan Serai, Pasbar Indones Rajo Mangkuto kepada Padangekpo com, Sabtu

“Sebelumnya mereka mendapatkan informasi dari media sosial, ada petani serai wangi berada di Pasaman Barat, sukses dan maju dalam hal pertanian serai wangi, kegiatan ini adalah yang ke – 21,” jelasnya.

Indones menambahkan, para petani di dua Kabupaten tersebut di dampingi oleh Kepala Desa masing-masing, total petani berkunjung berjumlah 75 orang.

“Selanjutnya, setelah kegiatan belajar teori budidaya serai wangi, mereka langsung di bawa terjun langsung ke lapangan untuk melihat penyulingan pengolahan serai wangi dan meraka nantinya kami bawa lagi mengelilingi merasakan indahnya alam wisata Kabupaten Pasaman Barat,” sebut Indones.

Kesempatan lain, Kepala Desa Rukun Jaya, Kabupaten Madina, Jujur Simaputang mengatakan, petani saya merasa senang sekali adanya kegiatan belajar budidaya serai wangi ini.

“Semoga ilmu dari hasil belajar budidaya serai wangi bermanfaat hendaknya untuk petani,” tuturnya.(by roni)