Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria : Wali Nagari Diminta Taat Aturan Mengelola Anggaran

106

Agam, PE – Pemerintahan nagari adalah ujung tombak di dalam pembangunan pada suatu daerah. Bahkan diberikan kewenangan untuk mengelola anggaran, supaya pemerataan pembangunan dapat diwujudkan.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengingatkan kepada Wali Nagari untuk selalu berhati-hati di dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa. Karena hingga saat ini tidak sedikit Kepala Desa atau Wali Nagari terjerat dengan hukum, akibat pemanfaatan dana yang tidak terkelola dengan baik, apalagi dana nya cukup besar.

Trinda Farhan mengatakan, “Meskipun begitu, Wali Nagari jangan takut karena prosedur pemanfaatan dana nagari sudah jelas,” ujarnya, pada saat menghadiri acara Sertijab Wali Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (6/2/2020).

Dalam pandangannya, apabila anggaran tersebut bisa dikelola sesuai dengan aturan, maka Wali Nagari tidak akan pernah berurusan dengan hukum. Hingga saat ini Wali Nagari di Agam cukup baik didalam pengelolaan anggaran ini. Hal ini harus tetap dipertahankan serta ditingkatkan, dan harus tetap berpedoman kepada aturan yang berlaku.
“Wali nagari diberi wewenang mengelola anggaran supaya terwujudnya pemerataan pembangunan, sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat,” sebutnya.

Trinda Farhan juga mengingatkan agar Wali Nagari selalu berkonsultasi dengan camat dan OPD terkait. “Apabila ada keraguan dalam menjalankan program, konsultasi segera supaya tidak menyalahi aturan dalam mengelola anggaran,” jelasnya.[anizur]

Baca Juga :  Nagari Sianok Wakili Agam Dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Tingkat Provinsi Sumbar 2020