Antisipasi Penyebaran Covid-19 Di Tempat Keramaian Pemko Bukittinggi Pasang Wastafel di Sejumlah Titik

84

Bukittinggi, Padang Expo

Pemerintah Kota Bukittinggi terus berupaya memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dengan berbagai langkah antisipasi yang telah dilakukan seperti sosialisasi atau himbauan, penyemprotan cairan disinfektan keseluruh wilayah Kota Bukittinggi, pembagian masker kepada masyarakat, memeriksa kesehatan sopir dan penumpang bagi setiap kendaraan pribadi maupun umum yang masuk ke kota Bukittinggi, memberikan APD ke Rumah Sakit.

Dan yang sedang dilakukan sekarang adalah meletakkan wastafel atau tempat cuci tangan di sejumlah titik, khususnya pasar, terminal dan ditempat-tempat pusat keramaian di Kota Bukittinggi, Selasa (31/03).

Setelah sehari sebelumnya dilakukan pemasangan 4 unit wastafel beserta perlengkapannya dibeberapa titik di kawasan Pasar Simpang Aur Kuning, hari ini dilanjudkan dengan pemasangan wastafel di kawasan Pasar Bawah.

Pemasangan wastafel itu, ternyata cukup efektif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pengunjung pasar. Hal itu terbukti dengan baru saja wastafel dan perlengkapannya dipasang, para pedagang dan pengunjung pasar terlihat sangat antusias untuk memanfaatkan wastafel itu untuk mencuci tangan.

Dalam suasana pedagang sedang melakukan cuci tangan, sambil berbicara mengatakan, kami sangat bersyukur dengan apa yang telah diupayakan pemko Bukittinggi dengan menempatkan wastafel dipasar ini yang sangat berguna bagi warga dan pengunjung pasar.

“Terima kasih kepada pemerintah kota yang sudah membuatkan tempat cuci tangan. Ini sangat bermanfaat sekali bagi kami yang sering bertemu dengan orang-orang banyak di pasar. Air yang bersih dan sabunnya wangi lagi,”kata pedagang itu.

WaliKota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH menjelaskan, wastafel itu merupakan salah satu langkah antisipasi penyebaran cobid-19 di Bukittinggi, khususnya di tempat keramaian.

Dengan adanya wastafel ini, seluruh pengunjung pasar, diharapkan dapat mencuci tangan dengan sarana yang telah disediakan. Sehingga budaya cuci tangan untuk membunuh kuman pun dapat dilaksanakan oleh masyarakat. Kita tidak tahu, siapa yang terkena siapa yang tidak. Untuk itu, salah satu antisipasinya, adalah dengan sering cuci tangan pakai sabun.

BACA JUGA :  Tokoh Masyarakat Pulau Panjang Sambut Kedatangan Paslon Yuliantio-Syafrial Serta Rombongan Tim Pemenang di Dermaga

“Besok InsyaAllah akan kita tempatkan lagi di fasilitas umum lainnya, seperti Jam Gadang, Jalan Sudirman juga telah kita tempatkan,”jelas Ramlan Nurmatias.

Wako Ramlan pada setiap pemasangan wastafel, terus menghimbau warga untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, selalu gunakan masker, ubah pola bersalaman, rajin cuci tangan dan hindari kontak fisik antar sesama. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Saat ini memang sudah ada warga yang positif di Bukittinggi. Untuk itu, yang sakit kita obati dan yang tidak sakit jangan sampai sakit. Mari kita sama sama putus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Bukittinggi ini.

“Selain itu, Wako juga menegaskan kepada seluruh pengunjung Pasar Aur, bahwa pasar tetap dibuka. Jangan percaya informasi yang tidak jelas sumbernya (Hoax). Kami dari pemerintah tidak pernah memutuskan untuk menutup pasar. Untuk itu, jangan percaya info hoax yang dapat membuat warga panik,”tegas Wako Ramlan.(fadhil/rahmi)