Antisipasi Virus Corona, Pemkab Pasaman Barat Sementara Hentikan Aktivitas Finger Print

155

Pasaman Barat, Padang Expo

Sejak penyebarannya dari kota Wuhan, China, virus Corona (COVID-19) telah mewabah ke banyak negara, seperti Korea Selatan, Iran, Amerika Serikat dan Italia hingga Indonesia. Di China, virus Corona menyebabkan orang meninggal.

Untuk mencegah penularan Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hentikan sementara waktu penggunaan absen elektrik (Finger Print) yang menggunakan sidik jari.

“Penggunaan finger print akan dihentikan pada seluruh instansi dan diganti dengan absen manual,” sebut Sekretaris Daerah Kabupaten Pasbar, Yudesri, Sabtu (14/3/2020).

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Yulianto mengatakan, dalam rangka menyikapi Surat Edaran Mendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan, akan menyikapi itu secepat mungkin,”

“Pemkab Pasbar akan melaksanakan pada Senin depan, tadi Setdakab Pasbar Yudesri telah saya perintahkan, agar segera menindaklanjuti langsung bersama dengan instansi terkait,”imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir interaksi dengan jumlah orang banyak dan mencegah terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Pasaman Barat.

Sedangkan untuk pemberi tahuan rapat tentang penanganan itu baru akan dilaksanakan pada Senin depan. Ia melakukan itu untuk mengantisipasi sedini mungkin, agar absen elektrik itu tidak dipergunakan pada hari kerja besok.

“Sifatnya untuk dilaksanakan, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kita telah meminta agar seluruh OPD untuk menruskan kepada instansi yang ada dibawahnya, Senin besok sudah terlaksana,” paparnya.

Ia menjelaskan, absen manual itu akan disiapkan disetiap instansi. Tentunya diisi sendiri oleh pegawai yang bersangkutan sesuai namanya masing-masing. Meski begitu kata Yudesri, absen manual jangan sampai disalahgunakan.

“Jangan sampai ada pegawai yang menitip absen, jika ditemukan akan diberikan sanksi tegas. Kepala instansi harus mengawasi,” tegas Yudesri.(by roni)