Dalam Rangka Memeriahkan HJK Kab Sijunjung ke 71, PPM Gelar Lomba Selaju Sampan

280

SIJUNJUNG (PADANG EXPO)

Persatuan Pemuda Muaro turut serta dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung yang ke-71 melalui pergelaran lomba selaju sampan. Lomba tersebut dilaksanakan di sungai Batang Sukam, Jorong Hilia Pasar Jumat, Bagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Dalam acara kegiatan selaju sampan ini dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, senin (9/3/2020).

Bupati Yuswir sangat mengapresiasi panitia pelaksana yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan HJK Sijunjung ke–71.

“Atas nama Pemkab Sijunjung, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemuda Muaro yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-71 ini dengan menggelar selaju sampan,” ucapnya.

Dengan kegiatan ini, tidak hanya sebagai ajang untuk mencari juara semata, tetapi jadikanlah sebagai ajang silaturahmi.

“Selain itu, diharapkan dengan kegiatan ini bisa melahirkan atlet-atlet dayung yang mengukir prestasi bagi Kabupaten Sijunjung nantinya,” ujar Yuswir.

Momentum ini menjadi kegiatan akhir untuk Festival Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 71, yang mana rencana sebelumnya akan diadakan pada tanggal 23 Februari 2020, namun karena waktu itu suasana dan cuaca tidak memungkinkan akibat intensitas hujan cukup tinggi, membuat acara tersebut diundur hingga dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 15 Maret 2020.

Perlombaan ini diikuti sebanyak 36 Tim oleh OPD se Kabupaten Sijunjung dan umum, Pemuda/Kelompok se Kabupaten Sijunjung dengan mengangkat tema “Mempertahankan Tradisi Melalui Perlombaan Selaju Sampan”.

Turut hadir dalam pembukaan ini Bupati sijunjung, Kepala OPD, DANDIM SSD 0310, KAPOLRES yang diwakili oleh Bhabinkantibmas Briptu Lutfi Julian, Camat Sijunjung khalfian, Plh Danramil 02 sijunjung Lettu Inf Yepril, Wali Nagari Muaro Hafizun, PPM, Babhinsa Serma Afrijon, dan Tokoh Masyarakat Nagari Mauro, Perwira Penghubung TNI 3 Kapten.Inf Alnoriadi

Baca Juga :  Sekjen MUI, Anwar Abbas : Sarankan Presiden RI Realokasi Dana Pemindahan Ibu Kota Untuk Atasi Wabah Corona

Masri Ketua Panitia Selaju Sampan dalam sambutannya mengatakan, “Terimakasih Kepada Bupati Sijunjung, Kepala Dinas Parpora, dan rekan-rekan telah aktif menyukseskan acara ini, dan kepada pihak ketiga dan donatur acara ini ”

Bupati Sijunjung Bapak H. Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo dalam pembukaan menginstruksikan kepada kepala Dinas Parpora bahwa Untuk Hari Jadi Kabupaten Sijunjung Event Selaju Sampan, arung jeram dan permainan air di Nagari Muaro ini agar bisa dijadikan agenda tetap. Dalam rangka peningkatan pariwisata dan prestasi atlet untuk bertanding ditingkat provinsi dan nasional.

Kepala Disparpora Sijunjung Afrineldi juga mengatakan, kegiatan ini sudah mendapatkan restu dari Bupati Sijunjung, nantinya kegiatan ini rencananya akan dimasukkan ke agenda tahunan ulang tahun kabupaten Sijunjung ke 72 nantinya pada tahun 2021.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, semoga nantinya akan dapat melahirkan atlit dayung yang berkualitas dan mengangkat nama baik sijunjung di kancah olahraga dayung nasional.

Sedangkan, Hafizun selaku Wali Nagari Muaro, mengatakan,”Harapan kita agenda ini dilaksanakan setiap tahunnya dan ada pembangunan infrastruktur yanng lebih baik untuk kegiatan selaju sampan ini” dengan potensi Geopark Nasional Silokek Nagari Muaro siap untuk menjadikan potensi yang ada dan dikembangkan, ujarnya.

Adapun kegiatan nagari yang sudah dilakukan ialah kegiatan selaju sampan, dimana ini sudah dilakukan secara rutin di beberapa tempat, yaitu di sungai batang ombilin, batang kuantan, dan sungai batang sukam.

Diakhir acara Panitia Pelaksana, Masri mengatakan, bahwa kegiatan selaju sampan yang digelar PPM itu, selain dalam rangka memperingati HJK Sijunjung ke-71 tahun 2020, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat di Kabupaten Sijunjung.

Pewarta : Wahyu DZ
Editor : Redaksi

Baca Juga :  Pria Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Danau Singkarak