Komisi IV DPRD Kota Padang Hadiri Rapat Kerja Dinas Kesehatan Terkait Pencegahan CoVID-19

95

Padang, Padang Expo

Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul mengatakan butuh dukungan DPRD Kota Padang mengatasi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Padang pada rapat kerja Dinas Kesehatan Kota Padang dengan Komisi IV DPRD Kota Padang di kantor DKK Kota Padang Aie Pacah, Kamis (26/3/2020).

Diungkapkan Sekdako Padang bahwa Wali Kota Padang Mahyeldi menyumbangkan gajinya selama enam bulan kedepan untuk membantu mengatasi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Saya sendiri akan mendonasikan gaji saya selama enam bulan kedepan untuk mengatasi wabah Covid-19 ini,” sebut Wali Kota Padang Mahyeldi saat memberikan arahan dalam rapat pencegahan Covid-19 di Ruangan Bagindo Aziz Chan, Balai Kota, Rabu (25/3/2020).

Azwar Siry selaku Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang menyatakan lembaganya siap mendukung program kerja Pemko Padang yang memprioritaskan masalah ini karena menyangkut kemaslahatan orang banyak. Perekonomian masyarakat kecil benar-benar sangat terganggu. Kebanyakan masyarakat memiliki ruanggerak terbatas. Jika hal ini berkepanjangan maka Pemerintah harus segera mengatasinya dengan berbagai upaya.

Semua butuh anggaran yang tidak kecil. Azwar Siry minta semua pihak sama – sama mendukung agar kita semua bisa keluar dari masalah ini.

Wali Kota Mahyeldi juga mengimbau kepada kepala organisasi perangkat daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Padang untuk menyisihkan gajinya membantu mengatasi wabah virus corona ini.

“Untuk para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga mengajak ASN dilingkup Kota Padang, saya menyarankan untuk meinfakkan gajinya 7,5 % setengah persen minimal selama 2 bulan kedepan,” ungkap orang nomor satu di Kota Padang itu.

Terkait hasil rapat, Pemerintah Kota Padang akan membangun posko proteksi Covid-19 yang berada disetiap gerbang masuk Kota Padang yang  lebih representatif lagi. Posko tersebut terdapat di batas Kota Jalan Adinegoro, di Jalan By Pass Padang, Indarung dan Bungus Teluk Kabung.

Baca Juga :  Cegah CoVID-19, Helmi Moesim Inisiasi MPC PP Untuk Lakukan Penyemprotan Desinfektan

“Kita akan lengkapi sarana dan prasana begitu juga sift kerjanya sehingga petugas dapat bekerja lebih maksimal,” jelas Wali Kota Padang itu.

Selanjut, Wali Kota Padang memerintahkan kepada kepala perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kota Padang untuk melakukan kunjungan kepada Posko proteksi Covid-19 yang berada di jalan masuk Kota Padang itu.

“Kita harapkan juga kepada SKPD yang melakukan kunjungan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh relawan-relawan kita,” jelasnya.

Pemerintah Kota Padang akan terus memasifakan sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat melalui Camat, Lurah, RT /RW serta generasi muda setempat.

“Untuk itu kepada kepala perangkat daerah yang berada ditingkat kecamatan agar terus memantau perkembangan Covid-19. Terus pantau berapa jumlah PPT, ODP, PDP kita,” pungkasnya.(dd)