Mencegah Berkembangnya CoVID 19, Pemkab Pasbar Akan Perpanjang Libur Sekolah

462

Pasaman Barat, Padang Expo

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar, berkemungkinan akan memperpanjang libur sekolah. Hal ini mengingat Provinsi Sumatra Barat masih Siaga Corona atau Covid-19.

Menurut Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengatakan, lihat situasi siaga Covid -19 dan dalam rangka memutus mata rantai corona dan melalui surat edaran dari Kemendikbud. Berkemungkinan libur atau belajar siswa di rumah akan diperpanjang,” katanya Jumat (27/3/2020).

Ia menyebut, hingga saat ini masih melihat perkembangan dan bisa saja libur anak sekolah diperpanjang. Sebab jelas Yulainto, melihat telah ada sejumlah warga di Sumbar yang positif corona.

“Kita masih melihat dulu situasi dan kondisi di bumi tuah basamo ini. Kita pun tidak tahu, sampai kapan situasi seperti ini berlangsung,” katanya.

Yulianto menjelaskan, meski anak sekolah diliburkan bukan berarti untuk liburan, libur sekolah ini tidak menghentikan proses belajar. Pemindahan tempat belajar dari sekolah ke rumah, untuk mencegah terpapar nya generasi muda Pasbar dari corona.
Lanjutnya, ini bukan diliburkan begitu saja, ketika ada laporan anak keluyuran, maka sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Pemda Pasbar, otomatis Sat Pol PP akan mengembalikan anak yang ditemukan keluyuran ke rumahnya.

“Kita meminta kepada orang tua sama-sama mencegah dan tidak membiarkan anak-anaknya keluyuran. Ini bukan liburan seperti biasa, namun ini demi keselamatan kita semua, agar jangan ada yang terjangkit dari virus tersebut,” tegas Bupati Yulianto.

Ia menambahkan, ini telah menjadi masalah dunia, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mencegah wabah ini. Tidak tahu apa yang terjadi besok, sedangkan,” imbuhnya.

Mudah-mudahan dengan kerjasamanya seluruh lapisan masyarakat bisa bersama mengatasi dan mencegah ada berkembangnya COVID ini di Pasbar. Saat ini, sebanyak 12 orang warga didaerah itu telah berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Hubungi Call Center COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat di nomor 081363206072, 081396045210, 081219074430 dan 085263011244.(By.Roni)