Pemkab Agam Keluarkan Kebijakan Khusus Atasi Wabah CoVID-19

130

Agam, Padang Expo

Dalam mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid 19), Pemerintah Kabupaten Agam mengambil beberapa kebijakan khusus yang langsung diterapkan mulai hari ini, senin (16/3/2020).

Adapun kebijakan khusus itu telah ditetapkan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin oleh Martias Wanto selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Agam bersama seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, di aula utama Bupati Agam.

Beberapa kebijakan khusus yang telah ditetapkan, antara lainnya seluruh OPD sampai ke Jajaran Pemerintah Nagari untuk sementara waktu tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Dalam hal ini Martias menegaskan, adapun kebijakan khusus yang dikeluarkan tersebut untuk batas waktu yang belum ditentukan.

“Hingga sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, kami meminta seluruh OPD agar menunda sementara kegiatan yang bersifat mengundang orang banyak,” tegasnya.

Sedangkan untuk kebijakan lainnya, Martias meminta kepada seluruh para ASN dilingkungan Pemkab Agam untuk selektif dan mengurangi tugas keluar daerah, baik itu dari luar Provinsi Sumbar atau luar Kabupaten.

“Intinya bukan melarang tapi selektif dalam mengikuti setiap jenis kegiatan ke luar daerah,” ujarnya.

Maka, dengan menyikapi hal tersebut, Sekda Martias menambahkan untuk kerja yang memerlukan koordinasi dengan pihak luar, sementara waktu ini agar bisa memanfaatkan media teknologi seperti WhatsApp, Email atau media sosial lainnya.

Ia juga meminta agar masyarakat mengurangi kontak fisik dengan siapapun, baik secara bersalaman ataupun berpelukan, karena hal itu dinilai bisa menjadi pemicu penularan.

“ Intinya bukan mengurangi silaturrahim, namun diupayakan agar tidak terlalu sering bersentuhan langsung dengan sesama, semuanya untuk saling menjaga,” Ungkapnya.

Meskipun demikian, Martias Wanto tetap mengimbau agar masyarakat tidak terlalu panik dalam masalah pendemi global dari CoVID-19, sebab Pemerintah Daerah masih menunggu keputusan rapat yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumbar mengenai penanganan Virus mematikan tersebut.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran CoVID-19, DPMPTSP-Naker Agam Bagikan Masker

“Bupati bersama Jajaran OPD hari ini sedang rapat di Provinsi. Mengenai hasilnya nanti itu yang akan menjadi pedoman kita selanjutnya,” ungkap Martias.(*d79)