Pemko Bukittinggi Siapkan Puskesmas dan RST Untuk Lokasi Isolasi Pasien CoVID 19

75

Bukittinggi, Padang Expo

Pemerintah Kota Bukittinggi menyiapkan Puskesmas Plus Mandiangin yang berada di Bukik Umpang Umpang sebagai lokasi isolasi untuk pasien terindikasi mengalami gejala corona atau covid 19. Hal itu disampaikan setelah Walikota bersama Wakil Walikota dan unsur Forkopimda, langsung meninjau lokasi, Selasa (17/03/2020).

Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH menjelaskan, lokasi ini disiapkan untuk penanggulangan sementara bagi pasien terduga corona. Yang penting lokasi kita ada di Puskesmas Bukik Umpang Umpang ini, selanjutnya tinggal tenaga medisnya disiapkan dan sistemnya nanti, akan dirapatkan dulu dengan stakeholder terkait, pihak rumah sakit dan lainnya.

“Saat ini memang masih dimaksimalkan ruangan di RSAM. Jika butuh tambahan atau bagaimana nantinya, kita rapatkan dulu. Intinya, langkah antisipasi terus kita lakukan dengan cepat. Puskesmas Bukik Umpang Umpang bisa jadi alternatif penanganannya, namun harus dilengkapi sarana prasarananya, dan tenaga medisnya,”jelas Ramlan Nurmatias.

RST Juga Telah menyiapkan tenda Darurat Untuk isolasi Pasien Covid 19

Selain itu, Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Bukittinggi juga telah menyiapkan tenda isolasi covid 19. Hal ini juga menjadi salah satu langkah antisipasi RST untuk menghadapi virus corona jika terjadi di Bukittinggi.

Kepala RST Bukittinggi, I.G. Wardhana, menjelaskan, pihaknya sudah siapkan tenda darurat untuk antisipasi atau ruang isolasi covid 19. Ada 10 tempat tidur dan beberapa alat kesehatan pendukung lainnya.
“Namun untuk alat kelengkapan penanganan covid 19 belum ada. Kita sediakan sarananya disini, untuk ruang isolasi jika dibutuhkan nantinya,”jelas Kepala RST saat rombongan forkopomda mengunjungi RST.

Walikota Ramlan mengapresiasi gerak cepat Rumah Sakit Tentara Bukittinggi yang sudah menyediakan tenda isolasi covid 19. Sudah cukup lengkap ini sebagai ruang isolasi. Kami sangat terima kasih kepada RST dengan kesiapannya.

Baca Juga :  Pemerintah Kota Bukittinggi Terima Kunjungan Kerja Ketua – Ketua Kampung Daerah Klang – Slangor

“Terkait kekurangan APD dan kelengkapan lainnya, Walikota telah meminta kepada kementrian terkait dan juga provinsi Sumbar untuk pengadaannya. “Semoga dapat direalisasikan segera mungkin,”ujar Wako Ramlan.(rahmi/fadhil)