Terkait Antisipasi Penyebaran CoVID 19, Pemda Tanah Datar Ambil Langkah Kebijakan

105
Irwandi, Sekretaris Daerah

Kabupaten Tanah Datar, Padang Expo

Mengenai permasalahan virus Corona atau CoVID 19, akhirnya Pemda Tanah Datar melalui Irwandi, Sekretaris Daerah telah mengambil beberapa langkah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut di Tanah Datar. Seperti yang di jelaskan Irwandi kepada media ini bahwa ada beberapa langkah yang sudah di ambil Pemda untuk menyikapi hal ini.” Kita sudah rumuskan beberapa langkah kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau CoVID 19 ini antara lain:

  1. Membuat edaran dan himbauan melalui media yg ada kepada seluruh OPD, Camat dan instansi vertikal dan masyarakat agar meningkat kan kepaswadaan dan membudayakan hidup bersih dan membudayakan cuci tangan dengan sabun.
  2. Menginstruksikan kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit untuk memantau dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat yg mengalami keluhan kesehatan yg mengarah kepada indikasi serangan virus corona.
  3. Membentuk gugus tugas pengendalian penyebaran dan antisipasi bahaya CoVID 19 yang melibatkan seluruh OPD terkait dan unsur forkompinda.
  4. Mendata seluruh masyarakat tanah yg baru pulang dari luar negeri termasuk yg pulang umrah dan memadukkan dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP).
  5. Sampai saat ini berdasarkan ekspose gubernur sumbar saat rakor kemaren belum ada satu orangpun dakam wilayah sumatera barat yg positif CoVID 19.
  6. Sesuai arahan gubernur dsn kesepakatan Bupati/Walikota se Sumbar belum dilakukan kebijakan libur sekolah untuk semua tingkatan dan tata cara pelaksanaan libur sekolah mengacu kepada permendikbud.
  7. Akan di lakukan penyemprotan desinfektan di wc umum hotel terutama diwilayah perbatasan dengan provinsi tetangga.
  8. ASN msh bertugas seperti biasa. Sementara itu langkah yang bisa kita lakukan,” ujar Irwandi Selasa 17/3 di kantornya. Hari ini OPD terkait dan Forkopimda yg tergabung dalam gugus tugas akan merumuskan langkah2 kebijakan yg lebih konkrit, lanjutnya dan dihimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi pemberitaan terkait Covic 19, pungkas Sekda Tanah Datar.(Dwi)
Baca Juga :  Koperindag Tanah Datar Latih Pengurus dan Pengawas Koperasi Demi Terwujudnya Koperasi Syariah