Warga Pessel Positif CoVID 19 Bertambah Jadi 2 Orang

111
Kabag Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi

Painan, Padang Expo

Pasien yang positif virus corona asal Kabupaten Pesisir Selatan bertambah 1 orang yang sebelumnya 1 orang. Keduanya dirawat di RSUP dr. M.Jamil Padang.

Sehubungan dengan adanya kasus nomor dua, saat ini gugus tugas dan seluruh pihak terkait telah mengambil langkah-langkah penting, diantaranya menelusuri ke belakang siapa saja yang pernah melakukan interaksi dengan pasien kasus nomor dua ini.

“Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor dua segera akan diisolasi,” ujar Kabag Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi di Painan.

Menurutnya, hingga Senin (30/3) Up date data penyebaran data birus corona di Pesisir Selatan dengan status Notifikasi 1.139 orang. Orang Dalam Pemantauan (ODP) 107 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang.

Dan terkait pasien kasus nomor satu, kemaren Bupati Hendrajoni bersama Ibu Lisda Hendrajoni telah melakukan Video Call dengan yang bersangkutan. Pada kesempatan itu, pasien menyampaikan bahwa kondisinya sudah berangsur baik.

“Dalam kesempatan bupati juga memberikan motivasi agar tetap sabar terus bersemangat,agar. bisa segera sembuh,” ujarnya

Ditambahkannya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, besok Selasa (31/3) akan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal dengan menurunkan lima mobil pemadam kebakaran. Kelima mobil pemadam tersebut, dua di Painan, masing masing satu mobil di Kecamatan Lengayang, Ranah Pesisir dan Basa Ampek Balai Tapan.

“Bupati Pesisir Selatan, menginstruksikan camat dan wali nagari terus melakukan sosialisasi tentang larangan melakukan kegiatan yang melibatkan orang banyak, seperti; pesta, syukuran dan kegiatan lainnya. Bila ditemukan koordinasikan dengan pihak keamanan dan lakukan tindakan berupa membubarkan acara tersebut,” lanjutnya.

Terkait warga status orang dalam pantuan (ODP) pada hari ini ( Senin) mulai masuk ruang karantina di Rusunawa Painan Selatan.Sedangkan berkaitan dengan pembatasan selektif di daerah perbatasan, Pemkab Pesisir Selatan, kini sudah menyiapkan lokasi karantina sementara yaitu di batas Bengkulu SMKN 1 Silaut dan di Batas Jambi disiapkan SDN 04 Sako.

Baca Juga :  Bupati Pessel Hendrajoni Resmikan Perpustakaan Daerah dan Kearsipan

“Saat ini pos perbatasan terdapat sembilan personil, yaitu TNI, Polri dan dinas kesehatan masing masing dua orang dan Satpol PP, Perhubungan dan BPBD masing masing satu orang,” ujarnya.

Lebih lanjut Rinaldi menambahkan dengan telah bertambahmya warga yang terpaparnya dan dinyatakan positif Covid-19, maka kembali diimbau kepada masyarakat tetap jaga jarak (physical distanding), hindari kerumunan. Selanjutnya rajin cuci tangan, apalagi sebelum memakan sesuatu. Olah ragalah teratur dan upayakan berjemur di sinar matahari (sinar ultraviolet pukul 9 sd 11 pagi), sekira 10 sampai 15 menit.” ujarnya.

Menambahkan warga banyak Konsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat. Jika badan kurang sehat, usahakan memakai masker dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

“Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserah diri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi,”harapnya.

Rinaldi juga menyampaikan pesan Bupati yang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis dan semua unsur masyarakat. Dengan segala potensinya telah mencurahkan energinya demi masyarakat Pesisir Selatan. “Semoga apa yang dilakukan dapat pahala dari Allah SWT,” lanjutnya (*dd/07/red)