Yayasan Pendidikan Thawalib Padang Panjang Dapatkan Kado Terindah di Hari Santri Nasional ke-4

145

Padang Panjang,Padang Expo

Kali ini yayasan Thawalib putra kota Padang panjang kedatangan tamu istimewa sekaligus mendapat kuliah umum oleh Bapak H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH. Juga menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD RI periode 2019-2024. kegiatan dilaksanakan di ruangan pertemuan Thawalib. Selasa.17/3/2020.

Kedatangan H. Leonardy disambut hangat oleh ratusan santri yang sedang menimba ilmu di yayasan Thawalib putra kota Serambi Mekkah ini, santri-santrinya ini juga banyak yang berasal dari luar daerah.

Dalam kuliah umum leonardy menyampaikan tentang undang-undang No. 18 Tahun 2019 Tentang pesantren, undang-undang No.18 tahun 2019 disahkan oleh DPR pada 24 September 2019. adalah kado terindah hari santri Nasional ke-4, sebutnya.

Leonardy menjelaskan tentang Undang-undang nomor 18 tahun 2019, merupakan tantangan bagi pesantren untuk berkompetensi dengan lembaga pendidikan lain dalam menciptakan generasi yang unggul, selain standar akademik dan kurikulum tertentu, pesantren juga mengajarkan kecakapan hidup yang perlu dimiliki oleh generasi bangsa untuk bersaing dengan bangsa lain.

Leonardy juga menambahkan tentang undang-undang No. 18 tahun 2019 memperkuat pesantren, pesantren telah biasa mandiri, sehingga dengan adanya perhatian pemerintah ini perkembangan semakin baik, pasal-pasal mengenai daya tampung, kenyamanan, kebersihan, kesehatan, dan kritik lain untuk pesantren justru untuk menjadikan pesantren lembaga pendidikan pilihan, sebutnya.

Leonardy juga berharap agar yayasan pendidikan Thawalib kota Padang panjang ini akan melahirkan ulama-ulama besar nantinya, seperti ustadz Abdul Somad, harap Leonardy.

Di akhir pidatonya leonardy menyebutkan sebuah peribahasa, juga diikuti oleh seluruh santri yang hadir, dan di ulang beberapa kali, pribahasanya yaitu : BISA KARENA BIASA – BIASA KARENA BISA, tutupnya.

Disampaikan juga oleh Ketua Pengurus Yayayan Thawalib Padang Panjang, H. Ali Usman Syuib, SE., terkait telah disahkannya UU 18/2019 Tentang Pesantren, mengatakan sangat mendukung UU tersebut, karena menurutnya negara hadir seluas-luasnya ke pesantren di dalam membantu biaya tenaga kependidikan, pendanaan ,dan bantuan lainnya.

Baca Juga :  Perdagkop Gandeng Program Studi DKV Bersama ISI Padang Panjang, Untuk Menghasilkan Desain Produk UKM Yang Elegan

“Mudah-mudahan UU 18/2019 Tentang Pesantren ini akan manambah kekuatan bagi pesantren-pesantren di Indonesia untuk menjadi lebih maju, khususnya pesantren Thawalib putra kota Padang panjang, imbuhnya.

Disebutkan Leonardy, dalam kuliah umum yang juga dihadiri Staff Ahli Walikota Padang Panjang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Desmon, M.Pd. Dt. Putiah, Unsur Kemenag Padang Panjang, Ketua Pengurus Yayayan Thawalib Padang Panjang, H. Ali Usman Syuib, SE., dan majelis guru beserta segenap civitas siswa Perguruan Thawalib.(YB)