1 PDP Meninggal Dunia di Padang Tongga, Dinyatakan Negatif CoVID-19

0
Prosesi pemakaman PDP di Padang Tonggo Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, Kamis (9/4/2020) (ist.)

Lubuk Basung, Padang Expo

Satu pasien asal Padang Tongga Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung diduga terpapar CoviD-19 yang meninggal dunia pada, Kamis (9/4/2020) lalu.  setelah di rujuk ke RSAM Bukittinggi, dinyatakan Negatif CoVID-19.

Bupati Agam Indra Catri dan ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam Martias Wanto Dt. Maruhun menegaskan, bahwa kepastian hasil tes covid-19 itu, sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Rumah Sakit Universitas Andalas Padang yang dilaporkan, Sabtu (11/4/2020) bahwa pasien asal Padang Tongga Negatif Corona.

Dalam hal ini Martias Wanto Dt. Maruhun selaku ketua GTP2 Covid-19 Agam yang didampingi oleh Asisten II Sekab Agam Yosefriawan dan Kabag Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab Agam Khasman Zaini mengatakan kepada media di posko utama GTP2 Covid-19 Agam Padang Baru, Lubuk Basung.

Dikatakan, bahwa PDP yang meninggal pada Kamis (9/4/2020) lalu di RSAM Bukittinggi yang telah dimakamkan sesuai dengan protokol medis di pandam pekuburan keluarga di Padang Tongga, Kenagarian Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung pada Kamis sorenya. Untuk pemeriksaan medis dan hasil pemeriksaan labor baru selesai dan diumumkan pada, Sabtu (11/4/2020).

Martias Wanto Dt. Maruhun selaku ketua GTP2 Covid-19 Agam menyebutkan,”Informasi ini kita terima langsung dari Kepala Laboratorium Diagnostic dan Riset Penyakit Infeksi Rumah Sakit Universitas Andalas Padang, dr. Andani Eka Putra, Sabtu sore,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa warga yang meninggal dunia tersebut berjenis kelamin laki-laki masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah meninggal dunia di RSAM Bukittinggi, dan untuk proses pemakaman jenazah sudah diselenggarakan sesuai dengan SOP CoVID 19, Walaupun hasil Swab pemeriksaan dari Laboratorium Diagnostic dan Riset Penyakit Infeksi Rumah Sakit Universitas Andalas Padang yang bersangkutan belum diketahui sama sekali saat proses pemakaman, ujarnya.

Martias Wanto Dt. Maruhun menjelaskan, sebelum pasien di rujuk ke RSAM Bukittinggi almarhum memiliki riwayat perjalanan dari Wilayah Pandemi di Tangerang Provinsi Banten. Ia memang perantau di Jakarta, lalu pulang ke kampung dalam keadaan sakit dan sudah beberapa kali di rawat di RSUD Lubuk Basung, menurut keterangan dan analisa dari dokter bahwa yang bersangkutan mempunyai sakit paru-paru yang sudah diobati dan diizinkan pulang.

Namun, setelah tiga hari berada dirumah, sakitnya kambuh lagi. Lalu dibawa kembali ke RSUD Lubuk Basung, kemudian setelah itu baru dirujuk ke RSAM Bukittinggi pada Kamis (9/4/2020) dan tidak lama setelah itu ia meninggal dunia, ungkapnya.

Hasil dari protokol medis yang sudah ditetapkan, lalu dilakukan pemeriksaan labor terhadap almarhum, dan hasilnya baru keluar pada hari Sabtu (11/4/2020) sore.

Yosefriawan selaku Asisten II Sekab Agam menambahkan ,”Alhamdulillah, pasien yang meninggal tersebut, Negatif CoVID-19, “ ujarnya.

Selain dari hasil pemeriksaan labor terhadap PDP yang telah meninggal dan dimakamkam di Padang Tongga, Tim GTP2 COvid19 Agam melakukan rapid test (pemeriksaan darah.red) terhadap 6 orang keluarga tersebut, yang dipimpin langsung oleh Ketua GTP2 COvid19 Agam Martias Wanto Dt. Maruhun bersama para medis, Sabtu (11/4/2020).

Menurut hasil pemeriksaan dari tim medis, bahwa 6 orang keluarga dekat almarhum yang masuk dalam PDP dinyatakan Negatif CoVID-19, tegas Martias Wanto Dt. Maruhun. (dd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here