2 Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19 Di Kota Bukittinggi Jalani Pemeriksaan dengan Rapid Test

54

Bukittinggi, Padang Expo

Sebanyak 72 Orang Dalam Pantauan (ODP) virus covid-19 di Bukittinggi, menjalani pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan, Dinas kesehatan Kota Bukittinggi. Seluruh ODP diperiksa oleh tim medis dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Selasa (07/04).

Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH didampingi Kepala Dinas Kesehatan Yandra Very menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dengan sistem rapid test ini, dilakukan kepada 72 warga yang terdata baru datang dari luar daerah dengan rentan waktu kurang dari 14 hari. Selain itu, ada juga yang sebelumnya kontak dengan pasien positif di Bukittinggi.

“Jadi ada beberapa yang pulang dari rantau, ada juga yang pernah kontak dengan pasien positif. Semua kita periksa dengan rapid test. Diambil darahnya, hasilnya kita periksa dan umumkan beberapa hari kedepan,” jelas Ramlan.

Wako Ramlan mengatakan, rapid test merupakan pemeriksaan awal. Jika ada indikasi, dilaksanakan pemeriksaan ulang dan lebih teliti lagi dengan swab test.
Rapid test bukan jadi patokan utama, tapi paling tidak kita ambil tindakan dasar. Karena mereka yang diperiksa merupakan orang yang cukup rentan, karena baru datang dari kawasan pandemi serta pernah kontak dengan pasien positif.

“Walikota juga mengapresiasi seluruh warga yang telah meluangkan waktu untuk memeriksakan kesehatan kali ini. Semua harus dikontrol, hasilnya akan disampaikan ke puskesmas di sekitaran domisili warga tersebut,”kata Wako Ramlan. (fadhil/rahmi)

Baca Juga :  H-2 Penerapan Tatanan Normal Baru di Bukittinggi, Wagub Sumbar Tinjau Kesiapan Protokol CoVID-19