Alhamdulillah, Jumlah ODP Tanah Datar Kian Menurun

86

Tanah Datar, Padang Expo

Alhamdulillah, hari ini sampai pukul 13.00 WIB Senin (13/04/2020) di Tanah Datar belum ada penambahan kasus penderita yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan data posko gugus tugas yang mulai hari ini secara bertahap pindah ke Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo, Orang Dalam Pemantauan (ODP) kembali turun menjadi 76 orang dari 91 di hari sebelumnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap 1 orang, 1 kasus positif dan sudah sembuh, meninggal nihil dan notifikasi atau Pelaku Perjalanan dari Negara/Wilayah Terjangkit dan Dengan Transmisi Lokal (PPT) turun menjadi 3.373 orang dari 4.212 orang di hari sebelumnya.

Namun demikian kewaspadaan dan kesadaran masyarakat terhadap sosial distancing serta kepatuhan memakai masker tetap jadi perhatian, karena secara umum penyebaran virus Corona atau yang lebih dikenal Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat, bahkan kemaren hari Minggu pertambahannya mencapai 12 kasus sehingga manjadi 44 kasus, menjadi angka tertinggi semenjak adanya kasus pertama.

Terkait pindahnya posko gugus tugas dari komplek perkantoran bupati di Pagaruyung ke Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo, Batusangkar.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen saat mengecek kesiapan posko gugus tugas yang baru, Senin (13/4/2020) bersama Asisten Ekobang Edi Susanto, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kepala Pelaksana BPBD Thamrin dan Kabag Humas Protokol Yusrizal, mengatakan penggunaan gedung permananen memungkin petugas untuk lebih leluasa dan nyaman dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

Direncanakan Posko gugus tugas yang baru akan beroperasi sepenuhnya dalam minggu ini, saat ini terlihat para pekerja menyiapkan segala sesuatunya guna mempermudah koordinasi dari berbagai sumber dalam percepatan penanganan Covid-19.

Disampaikan, pindahkannya posko gugus tugas merupakan hasil rapat koordinasi Bupati Tanah Datar bersama Forkopimda beberapa waktu lalu di Indo Jolito sesuai masukan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap.

Baca Juga :  Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Adat Dalam Kepemimpinan Kaum Tahun 2020 Resmi Ditutup Kabid Jaranitra

“Dengan menggunakan Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo sebagai posko gugus tugas yang lebih luas, nyaman dan terlindungi dapat menunjang kegiatan percepatan pencegahan Covid-19 berjalan secara maksimal seperti yang diharapkan,” ujar Suhermen.

Ia menambahkan bahwa akses menuju lokasi pun dapat mudah dijangkau dari berbagai arah karena terletak di tengah-tengah pusat ibu kota kabupaten Tanah Datar.(Dwi/Hms)