Bantuan Tahap Pertama Selesai, Pemko Bukittinggi Persiapkan Bantuan Pangan Tahap Dua

53

Bukittinggi, Padang Expo

Setelah mendistribusikan bantuan pangan tahap pertama kepada 19.583 jiwa warga kota yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) beberapa waktu lalu terkait kondisi siaga penyebaran Covid-19.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bukittinggi kembali mengadakan rapat guna membahas persiapan pendistribusian bantuan pangan tahap kedua kepada warga yang terdampak Covid-19. Rapat dipimpin oleh Walikota didampingi Wakil Walikota, Sekretaris Daerah serta segenap unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat, Lurah, Babinsa, Babinkamtibmas dan LPM Kelurahan bertempat di rumah dinas Walikota Senin (13/04).

Walikota Bukittinggi HM. Ramlan Nurmatias, SH mengatakan, bahwa untuk penerima bantuan tahap kedua ini adalah masyarakat yang benar-benar terdampak secara ekonomi setelah berjangkitnya wabah Covid-19 ini yang tidak terdata dalam DTKS dan PKH. seperti: pedagang kaki lima; buruh/kuli; karyawan yang dirumahkan/di-PHK; supir angkutan umum/ojek/kusir bendi dan masyarakat yang berpenghasilan tidak tetap seperti tukang jahit, buruh cuci dan lain sebagainya.

“TNI, Polri, PNS, pegawai kontrak (terutamanya di lingkup Pemko), pegawai BUMN/BUMD, dan pensiunan tidak termasuk kriteria penerima bantuan ini, begitu juga dengan warga yang terdaftar dalam DTKS dan Program Keluarga Harapan juga tidak masuk kategori penerima bantuan tahap II,”kata Ramlan Numatias.

Wako Ramlan menjelaskan, kriteria warga penerima bantuan tahap kedua ini, yakni yang memiliki KTP dan Kartu Keluarga Bukittinggi serta berdomisili dalam wilayah hukum kota Bukittinggi. Bagi warga yang memliki KTP dan KK Bukittinggi, namun dia berdomisili di luar kota Bukittinggi, itu tidak masuk kriteria penerima bantuan ini.

Dalam pendataan di lapangan nantinya akan dilakukan oleh Babinsa, Babinkamtibmas, LPM dan RT setempat, karena mereka yang memahami kondisi di lapangan. Pendataan dimulai pada hari Selasa tanggal 14 April 2020 dan untuk memudahkan dilakukan per RT.

Baca Juga :  Walikota Bukittinggi Resmikan Operasional Satu Puskesmas dan Dua Kantor Lurah

Kemudian nantinya ada blanko surat pernyataan yang ditanda tangani oleh kepala keluarga dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP.

“Kita tidak inginkan ada kesa lahan dalam penilaian kriteria di lapangan, diharapkan penerima bantuan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan serta bantuan tahap kedua ini telah terdistribusikan kepada warga sebelum puasa Ramadhan,” jelas Wako Ramlan.

Wako Ramlan juga menghimbau segenap komponen masyarakat untuk terus lakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir.

Oleh karena itu saya mengharapkan peran serta tokoh masyarakat, inyiak-inyiak yang hadir pada kesempatan ini, untuk senantiasa mengingatkan anak dan kemenakan kita agar menahan diri melakukan kegiatan berkumpul-kumpul.

“Kami bersama Forkopimda akan nyinyir terkait himbauan ini demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,”ujar Wako Bukittinggi itu. (fadhil/rahmi)