Basrizal Dt. Pangulu Basa : Saat ini, Belum Terlihat Aksi yang Masif Dari Pemkab Tanah Datar

443
Basrizal Dt. Pangulu Basa (Ist.)

Tanah Datar, Padang Expo

Basrizal Dt. Pangulu Basa, Tokoh masyarakat Tanah Datar angkat bicara soal pandemi Corona. Dalam kesempatan ini, Basrizal menyampaikan apa yang terjadi akibat dampak secara ekonomi dari Covid 19 yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

“Wabah Covid-19 secara nyata telah menimbulkan luka dalam kehidupan masyarakat termasuk secara ekonomi. Sebagian besar kehilangan pekerjaan, sekaligus pendapatan tentunya. Rakyat miskin sudah menjadi makin miskin dan selama ini berada dijurang kemiskinan sudah terjerumus kedalam lembah kemiskinan. Masyarakat benar-benar terguncang dan syok dengan situasi ini. Belum lagi usai derita yang dialami masyarakat yang tinggal dikampung, arus perantau pulang kampung karena terdampak virus corona mulai berdatangan dan sulit untuk dicegah,” ujar Basrizal. Dt Pangulu Basa.

Saat seperti ini, belum terlihat aksi yang masif dari Pemkab Tanah Datar untuk memberikan solusi yang kongkrit. Pemerintah Kabupaten bekerja biasa-biasa dalam situasi luar biasa. Ini menyangkut soal kepemimpinan Pemerintahan di Tanah Datar. Belum terlihat sinerji Bupati dan DPRD, terutama menyangkut revisi atau pergeseran APBD. Belum terlihat kepastian kebijakan, program, kegiatan dan ketersediaan anggaran untuk penanggulangan dampak covid-19, lanjutnya.

“Terlihat Pemerintah Kabupaten masih disibukkan dengan urusan administrasi, pendataan yang bagi Pemerintahan Nagari sudah mulai menjengkelkan karena berulangkali perbaikan data,” ujarnya.

Belum lagi masalah ketiadaan APD di Puskesmas yang berakibat penolakan pasien oleh petugas medis dan ini pasti membawa masalah ikutan yang semakin ruwet. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Kita berharap agar selama bulan suci Ramadhan ada ketenangan hingga bisa beribadah dengan khusuk. Semua ini tidak bisa dilepaskan dari ketersediaan dan keterjangkauan kebutuhan ekonomi.

Baca Juga :  Tanah Datar Mendukung Penuh Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman CoVID-19

Kita tak berharap, jangan karena kelambanan dan kelalaian ,” luka terinfeksi dan bernanah,” Saatnya pemegang amanah di Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar menunjukkan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat,” ucap Basrizal Dt. Pangulu Basa Jumat (17/4).(Dwi/red)