Bupati Pasbar H.Yulianto Hadiri Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2021

76

Pasbar, Padang Expo

Bupati H.Yulianto,SH,.MM menghadiri acara Kegiatan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Pasaman Barat melakukan rapat bersama unsur Forkopimda serta instansi vertikal pembahasan bagaimana pengembangan sumber daya manusia reformasi birokrasi dan pemetaan pembangunan wilayah di adakan Video confrent bersama kepala OPD lainnya dan langsung live di ruang Aula Kantor Bupati, Selasa (14/04/2020).

Adapun Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2021 tahun ini mengangkat tema,” Pengembangan sumber daya manusia reformasi birokrasi dan pemerataan pembangunan wilayah”

Disampaikan, “Kegiatan musrenbang tingkat Kabupaten Pasaman Barat ini adalah untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah tahun anggaran 2021. Proses penyusunan rencana tersebut pelaksanaan musrenbang tingkat nagari, tingkat kecamatan dan diusulkan program dan kegiatan prioritas masyarakat tersebut dibahas dan disinkronkan dengan rencana kerja OPD melalui acara forum OPD dan melaksanakan RKPD untuk tingkat kabupaten hari ini.”Ungkap Yulianto.

Dalam kesempatan ini turut hadir Sekda, Kapolres, Dandim, Anggota DPRD, Staf Ahli, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Asisten 1 dan III, Kepala OPD, Daulat Parit Batu, Tokoh Agama.

Disampaikan menurut UU No.25 tahun 2004, peraturan pemerintah No. 86 tahun 2017 bahwa musrenbang RKPD Kabupaten merupakan forum musyawarah antar pelaku pembangunan, “Forum musrenbang ini bertujuan untuk membahas dan merumuskan rancangan kerja pembangunan daerah. Unsur pemangku kepentingan berupa prioritas program/kegiatan daerah yang telah dipilih menurut sumber pendanaan dari APBD, APBD provinsi dan APBN.” Sebut Yulianto.

Ia mengatakan, mempedomani tema pembangunan Nasional pada rencana kerja pemerintah tahun 2021, yaitu,”meningkatkan industri, pariwisata dan investasi di wilayah didukung oleh SDM dan infrastruktur untuk pertumbuhan berkualitas. Maka trma pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kab. Pasaman Barat tahun 2021 adalah “Pembangunan Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Pemerataan Pembangunan Wilayah”.

Lanjutannya, adapun pembangunan daerah dan pedoman RPJMD tahun 2016-2021 untuk tahun anggaran 2021, sebagai berikut, pengalaman ajaran agama peningkatan kualitas sumber daya manusia pembangunan pendidikan dan kesehatan, pengembangan perdagangan, investasi, jasa, pariwisata dan industri kreatif, penanggulangan kemiskinan, pengangguran, penetapan tata kelola pemerintahan yang baik, pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, pembangunan infrastruktur sarana, pembangunan wilayah yang berkeadilan sesuai penataan ruang.” Papar Yulianto.

Untuk itu, suksesnya pembangunan Kabupaten Pasaman Barat dapat dicapai melalui kerjasama dan sinergitas antara pemangku kepentingan pembangunan.Pemerintah daerah akan berhasil apabila ditopang oleh kontribusi pihak swasta melalui responsibility perusahaan, penyediaan lapangan kerja masyarakat dan kegiatan lain yang mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, seperti partisipasi masyarakat dalam membayar lajak dan retribusi daerah dengan begitu berarti keikutsertaan masyarakat dalam membangun daerah. ” Kata Yulianto.

Kita berharap semua mudah-mudah melalui kegiatan ini kita dapat mewujudka. pasaman Barat yang lebih maju dan. Masyarakat sejahtera dan kita terhindar dari pandemi (covid-19) seraya penuh semangat dan menghasilkan kesepakatan dan kualitas untuk pembangunan daerah.” Pungkas Yulianto. (by.roni)