Gerakan Pramuka Cabang 0317 Pasbar, Lakukan Penyemprotan Disinfektan Serta Pembagian Masker dan Hand Sanitizer

112

Pasaman Barat, Padang Expo

Gerakan Pramuka Cabang 0317 Kabupaten Pasaman Barat, melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker serta pembagian hand sanitizer kepada masyarakat sekitar.

“Ini bentuk kekuatiran dan pedulian terhadap masyarakat oleh sebab itu tidak ada hentinya memerangi Corona Virus Disease (COVID-19),” kata ketua Kwarcab Sifrowati di Paraman, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Senin (13/4/2020).

Ia menjelaskan, hal ini dalam bentuk kepedulian serta ikut andil bagaimana pemutusan penyebaran mata rantai COVID-19 yang terjadi selama ini. Sebab, hingga hari ini positif COVID-19 ini, kian bertambah di indonesia.

Lanjut Sifrowati, Kecamatan Gunung tuleh adalah daerah yang dikunjungi, dengan mengerakkan anggota pramuka yang tergabung ikut berpartisipasi dengan senang hati dalam program peduli pencegahan dan penyebaran COVID-19 ini.

“Ini perlu kerjasama kita semua dalam memerangi dan mutus mata rantai COVID-19, yang mana kewaspadaan kita yang terpenting dengan setiap saat,” jelasnya.

Menurutnya, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti pakai masker, cuci tangan sesering mungkin yang wajib dilakukan. Sedangkan untuk pnyemprotan, dilakukan dalam rumah dan di tempat-tempat yang yang lembab bukan di luar rumah Sekolah, mesjid tempat MDA/TPA, warung-warung dan pemukiman warga.

Untuk itu, ia mengimbau semua masyarakat yang ada, jangan takut akan berita-berita hoaks yang belum tentu kebenarannya dan jangan takut untuk beraktifitas bekerja ataupun mencari nafkah untuk keluarga.
“Saat ini masyarakat ribut akan warga yang positif COVID-19 yang telah dimakamkan di Kecamatan Talamau, itu benar, tapi almarhumah tidak berdomisili di Pasbar,” terang Sifrowati.

Sambungnya, “Keluarganya minta dikuburkan di Kecamatan Talamau dikampung halamannya. Sedangkan untuk positif corona, warga Pasbar belum ada,” imbuhnya.

Kata Sifrowati, pihak nya hanya melakukan penyemprotan di dalam rumah, seperti tempat yang lembab sesuai aturan dari Kemenkes RI. Sekarang virus corona ini akan bertahan hidup dan berkembang di tempat yang lembab.

Adapun tempat yang akan disemprotkan di Masjid, Sekolah, Warung-warung serta kediaman rumah masyarakat sekitaran Nagari persiapan yaitu Sungai Aur, Kampung glGuo, Talang Kuning, Tanjung Durian dan Siligawan yang berada di Kecamatan Gunung tuleh.

“Sebanyak 2.400 liter disinfektan disemprotkan, ini merupakan bentuk kegiatan sosial. Semoga jadi ibadah bagi kita semua, karena wabah virus ini tidak diketahui kehadiran,” katanya.

Ia menambahkan, semoga ini cepat berakhir dan warga bisa melakukan ibadah puasa dengan tenang,” tambahnya.

Turut dihadiri, Ketua DPRD Pasbar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Gunung Tuleh, Kapolsek Gunung Tuleh, Babinsa, Wali Nagari, Jorong serta gabungan gerakan pramuka kwarcab kecamatan dan masyarakat setempat.(by.roni/red)