Komisi IV DPRD Padang Kunjungi Kesra Pemko Padang Bahas Pelaksanaan Pesantren Ramadhan

26

Padang, Padang Expo

Komisi IV DPRD Kota Padang dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Kani selaku koordinator umum alat kelengkapan dewan melakukan kunjungan lapangan ke Bagian Kesra Kota Padang, guna menindaklanjuti teknis pelaksanaan program Pemko Padang yaitu pesantren ramadan, Senin (20/4/2020.)

Semula  dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 26 April sampai 17 Mei 2020 nanti. Pelaksanaan pesantren ramadan tahun ini berjalan ditengah ancaman global wabah Covid-19.

Adapun kebijakan Pemko Padang yang akan menggunakan android sebagai sarana belajar bagi siswa SD dalam pelaksanaan pesantren ramadan nanti mendapat penolakan dari Komisi IV DPRD Kota Padang .

Ketua Komisi IV Azwar Siry dengan tegas mempertanyakan dan merasa sangat keberatan dalam  pelaksanaan pesantren ramadan untuk anak SD menggunakan HP android.

“Sebagai Ketua DPRD Padang saya menolak kebijakan Pemko Padang yang menggunakan Android dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan dengan dasar, ” tegasSyafrial Kani.

Menurutnya, anak SD yang usianya masih dibawah umur dan belum sepantasnya memakai android. Apabila dipaksakan kebijaksanaan ini akan berakibat  buruk terhadap perkembangan mental dan jiwa anak dimasa mendatang.

Dan dasar penolakan yang kedua, dengan keadaan seperti saat ini, dimana  keadaan ekonomi  masyarakat sedang sulit, jangankan untuk  membeli paket HP untuk makan saja susah” ungkap Syafrial Kani.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Komisi IV, pelaksanaan pesantren ramadan bisa terlaksana tanpa menggunakan android tetapi melalui TV. Sehingga orangtua siswa dapat memantau dan mengetahui tentang pelajaran  anaknya.

“Pola kebijakan pelaksanaan KBM di sekolah yang digunakan Pemko yakni dengan menggunakan android, berdasarkan berbagai kajian dan dari berbagai sumber informasi yang kita dapatkan bahwa android itu untuk anak di usia sekolah dibawah 12 tahun itu memiliki resiko tinggi.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Padang Hadiri Rapat Kerja Dinas Kesehatan Terkait Pencegahan CoVID-19

Kenapa? Karena pelaksanaannya tanpa dibatasi android itu dia bisa buka apa saja. Oleh sebab itu kita minta penggunaan android itu dialihkan dengan teknologi lain seperti penayangan materi pelajaran lewat TV yang kita sarankan” ungkap Azwar Siry kepada wartawan.

“Kalau Pemko Padang, khususnya Kabag Kesra tetap bertahan dengan prinsip penggunaan android, saya sebagai Ketua Komisi IV dan didukung oleh koordinator komisi IV  Ketua DPRD Kota Padang menolak dengan tegas cara seperti itu” tegas Azwar Siry.

Menanggapi pernyataan Komisi IV DPRD Kota Padang, Kabag Kesra Pemko Padang, Amriman akan mempertimbangkan yang  diusulkan Komisi IV karena penggunaan sistem online pesantren ramadan juga telah diterapkan dalam sistem belajar selama penyebaran Covid – 19.

Selama ini penerapan sistem belajar dalam proses belajar siswa tidak ada mengalami kendala,  namun tetap berjalan lancar, atas dasar itu Pemko Padang juga akan menerapkan pada pesantren ramadan. Ada orangtua siswa yang selalu mendampingi anaknya. Wali kelas juga selalu berkoordinasi dengan orangtua pada setiap kegiatan belajar lewat android, urainya.*d79