Nagari se Kecamatan Ampek Koto Salurkan Bantuan Beras Pada Masyarakat Terdampak CoVID-19

60

Ampek Koto, Padang Expo

Nagari se-Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam salurkan 25,7 ton beras kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, Minggu (5/4)

Ekko Espito selaku Camat Ampek Koto, mengatakan bahwa bantuan beras disalurkan kepada 1.395 rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di luar penerima bantuan sembako atau BPNT.

Adapun bantuan tersebut berasal dari Pemkab Agam yang mana penyalurannya diserahkan kepada wali nagari masing-masing, dengan cara diantarkan langsung ke rumah penerima, ujarnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga pola social dan physical distancing yang diterapkan dapat berjalan dengan optimal untuk memutus mata rantai Covid-19.

Untuk pembagian bantuan ini, jumlahnya beragam dan tergantung jumlah anggota keluarga. Apabila anggota keluarga 1 orang dibantu 10 kilogram, jika lebih diberi 20 kilogram.

Dalam pendistribusian tersebut, seluruh nagari di IV Koto bergerak bersama dalam pendistribusian, tinggal satu jorong lagi di Nagari Balingka yang belum selesai. Sebab, penduduk Balingka banyak maka pendistribusiannya dilanjutkan besok.

Ekko menjelaskan, adapun rincian pembagian bantuan beras tersebut ada di Nagari Koto Gadang sebanyak 1,8 ton, Balingka 6,9 ton, Guguak Tabek Sarojo 3,4 ton, Sungai Landia 4,1 ton, Koto Tuo 2,9 ton, Sianok Anam Suku 3,1 ton dan Koto Panjang 3,2 ton.

Untuk kualitas beras yang disalurkan sangat dipuji masyarakat, ini bisa membuktikan bahwa Pemerintah pemerintah betul-betul membantu, tidak hanya sekedar menyediakan bantuan, tukasnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan mendapatkan tambahan bantuan beras dari perantau sebanyak 4 ton, yang diperuntukkan kepada warga di luar DTKS yang terdampak wabah Covid-19. Nantinya beras tersebut akan disalurkan secara bersamaan dengan bantuan dari Pemkab Agam, ungkapnya. (*d79)

BACA JUGA :  Pemkab Agam Salurkan Bantuan Untuk Para Mubaligh, Guru Mengaji TPA/MDA