Pasien yang Meninggal di RSUD Lubuk Basung, Negatif CoVID-19

21

Lubukbasung, Padang Expo

Sesuai dengan laporan dan hasil uji sampel swab atau cairan tenggorokan pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung, Kabupaten Agam, Selasa (21/4) dinyatakan negatif terinfeksi COVID-19.

Hal ini langsung dikatakan oleh, Syahrizal Antoni selaku Direktur RSUD Lubukbasung,” Berdasarkan dari hasil uji sampel swab Laboratorium Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang,Pasien yang meninggal tersebut, Negatif CoVID-19″ ujarnya, Jumat (24/4)

Syahrizal mengatakan, bahwa hasil sampel swab itu keluar pada Jumat pagi. Adapun sampel tersebut diambil setelah almarhum meninggal di Instansi Gawat Darurat (IGD) RSUD Lubukbasung, ujarnya.

“Sampel itu langsung diantar oleh petugas RSUD Lubukbasung ke ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang ,” katanya.

Ia menjelaskan, almarhum tersebut merupakan rujukan dari Puskesmas Maninjau setelah mengalami batuk-batuk.

Untuk riwayat keseharian almarhum, ia hanya berada di kampung halaman.

Pemakaman dilakukan oleh petugas dari RSUD Lubukbasung dan mereka sudah terlatih dan di selenggarakan dengan protokol COVID-19

“Pemakaman ini sudah sesuai dengan standar operasional prosedur COVID-19 dan jasad almarhum sedang dishalatkan,” katanya.

Namun ia tetap mengimbau kepada masyarakat agar harus tetap waspada dengan cara menjaga jarak, tidak keluar rumah, memakai masker.

Selain itu mencuci tangan setiap saat, mandi setiba di rumah, mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan lainnya. (*d79)

Baca Juga :  Dinas Dalduk KB PP & PA Agam Bersama Kader Pendata PK 2021 Lakukan Pendataan di Rumdin Bupati Agam