Pemko Bukittinggi Berikan Bantuan Pangan Kepada Keluarga Kurang Mampu Terkait Dampak Penyebaran Covid-19

38

Bukittinggi, Padang Expo

Dalam upaya membantu meringankan beban hidup warga terkait dengan kondisi siaga penyebaran COVID-19, Pemko mulai mendistribusikan bantuan pangan kepada warga kurang mampu.

Bantuan pangan untuk tahap awal ini diberikan kepada 19.583 jiwa warga kota Bukittinggi yang terdampak upaya penanganan covid-19 dan tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Bukittinggi, yang diserahkan pada Hari Senin (06/04).

Walikota Bukittinggi HM.Ramlan Nurmatias, SH yang didampingi oleh Wakil Walikota H.Irwandi, SH serta unsur Forkopimda menjelaskan, setelah melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh SKPD di lingkungan pemerintah Kota Bukittinggi, didapat sejumlah rumusan, terkait penyisiran anggaran di masing-masing perangkat daerah itu.

Setiap SKPD menyisir kegiatan yang telah dianggarkan, namun belum dilaksanakan, agar dananya diarahkan kepada kegiatan penanganan dampak covid-19 di Bukittinggi.

“Dana yang telah kami rumuskan di pemerintah daerah, telah kami sampaikan juga kepada DPRD Bukittinggi. Setelah itu, kita adakan pengadaan bahan pangan untuk dibagikan ke masyarakat Bukittinggi, yang terdampak akibat upaya pencegahan penyebaran covid-19,”jelas Ramlan Nurmatias.

Wako Ramlan menyampaikan, bantuan pangan tersebut diberikan dalam 2 tahap. Tahap pertama ini bantuan kita berikan kepada 19.583 jiwa warga yang tercatat dalam DTKS. Bantuan pangan tersebut berupa paket yang terdiri dari beras (9 Kg), minyak goreng (0,5 Kg), sarden (3 kaleng), dan telur sebanyak 10 butir, senilai Rp 202.000,-/paket.

Bantuan tahap kedua akan kita berikan kepada masyarakat yang terdampak akibat kondisi COVID-19, seperti (pengemudi) ojek, kusir bendi yang mengalami penurunan omset dikarenakan sepinya kunjungan (wisatawan), ataupun karyawan yang terpaksa dirumahkan dan ia merupakan tulang punggung dari keluarganya.

“Berdasarkan pendataan sementara, diperkirakan jumlahnya sebanyak 20 ribu jiwa dan bantuan itu akan kita antarkan langsung ke rumah-rumah sambil mensosialisasikan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini,”ujar Wako Ramlan setelah memberikan arahan pelaksanaan kegiatan pendistribusian kepada ASN di lingkungan Pemko serta pekerja sosial di halaman kantor Satpol PP.

Baca Juga :  Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF- Ulama) Bukittinggi- Agam Gelar Aksi Akbar Tolak RUU HIP) Ke DPRD Kota Bukittinggi

Sebagaimana disampaikan Wako, sumber dana bantuan pangan tersebut berasal dari dana Badan Amil Zakat Kota Bukittinggi dan dana Belanja Tidak Terduga APBD Tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, Walikota beserta unsur Forkopimda dan Beberapa Kepala SOPD turut mengantarkan langsung paket bantuan kepada warga di Kelurahan Pakan Kurai seraya mengingatkan warga untuk terus lakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19. (fadhil/rahmi)