Penerapan ‘Physical Distancing’ Kondisi Pasar Lasi dan Pakan Salasa Sepi

74
Pasar Lasi, Canduang - Agam

Canduang, Padang Expo

Untuk mengantisipasi mewabahnya penyebaran virus corona di daerah, khususnya kabupaten serta seluruh kecamatan yang ada di Agam berjalan cukup maksimal. Upaya yang terus dilakukan oleh Pemkab Agam untuk menekan terjadinya lonjakan kerumunan masyarakat di berbagai objek semakin masif dilakukan.

Fauzi selaku Camat Canduang, di Pasar Lasi Canduang, Selasa (7/4) mengatakan bahwa hingga saat ini kondisi pada waktu hari pakan sangat sepi pengunjung, ia memperkirakan penurunan kerumunan masyarakat di pasar menurun hingga 60 persen dari kegiatan sebelumnya.

Ia mengatakan, pihaknya secara intens terus melakukan dan menyampaikan himbauan yang telah diinstruksikan oleh Bupati Agam Indra Catri untuk segera menerapkan pola physical distancing dan social distancing untuk membatasi terjadinya keramaian, tujuan tersebut semuanya bermaksud baik sebab sangat rentan oleh penyebaran virus vorona Wilayah Canduang.

Fauzi mengatakan, “Masyarakat terus kami imbau agar selalu waspada serta mentaati imbauan dari Pemerintah dan harus ikut berperan dalam melawan virus corona untuk memutus mata rantai penyebaran virus CoVID 19 di Wilayah Canduang,” ujarnya.

Tidak hanya di Pasar Lasi, kondisi ini juga sama dengan Pasar Pakan Salasa Kecamatan Ampek Koto.

Eko Espito selaku Camat Ampek Koto juga mengatakan bahwa pihaknya bersama seluruh unsur Forkopimca, serta Seluruh Wali Nagari dan pengurus pasar Pakan Salasa sudah diimbau dan diinstruksikan agar menyampaikan hal Physical Distancing seluruh pedagang maupun pembeli. Untuk hari pakan berikutnya mulai Jumat depan, untuk sementara Pasar akan ditutup sampa ada informasi berikutnya.

Ia mengimbau, kepada seluruh pedagang yang ada di Pasar Pakan Salasa untuk mengaktifkan Pasar harian, jadi tidak menunggu waktu hari’Pakan’ sehingga nantinya akan menghindari kerumunan banyak orang, ungkap Eko.

Baca Juga :  Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Provinsi Sumbar, Lakukan Verifikasi dan Penilaian Terhadap TP PKK Agam

Adapun pemantauan aktivitas Pasar di Kecamatan Ampek Koto dan Canduang dilakukan oleh Camat bersama seluruh Tim Siaga CoVID 19, baik dari TNI,Polri, Pemerintahan Nagari, secara intens terus melakukan upaya dan berbagai langkah untuk mengantisipasi dampak yang dialami. (dd)