Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana Kunjungi RSUP Dr. M Djamil Padang Pantau Kesiapan Pencegahan CoVID-19

18

Padang, Padang Expo

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana berkunjung ke RSUP Dr. M Djamil Padang, Sumatera Barat, Rabu (15/4/2020). Rombongan Ilham Maulana disambut oleh Kepala Bagian Umum RSUP M Djamil Padang Syafriar Naeli didampingi Konsultan Hukum Yul Akhyari Sastra beserta jajaran.

Kunjungan Ilham Maulana didampingi anggota Komisi II Meilasa Waruwu dan staf sekretariat DPRD Kota Padang.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Umum RSUP M Jamil Padang Syafriar Naeli mengungkap bahwa untuk ruang isolasi covid-19 terletak pada bagian belakang jauh dari ruangan pasien umum lainnya. Semua ada protokol-protokol yang diberlakukan di area-area tertentu.

Kebutuhan alat pelindung diri (APD) merupakan syarat penting dalam penanganan covid-19. Mengenai stok APD di RSUP Dr M Djamil Padang saat ini sudah menipis.

“Dalam hal ini pemerintah provinsi sudah meminta bantuan ke pusat. Namun sampai saat ini belum ada kabar beritanya. Sedangkan pihak rumah sakit berharap bantuan itu segera datang,” ungkap Naeli.

Dikatakan, saat ini ada sebanyak 16 ruang isolasi dan itupun sudah penuh. Untuk menghadapi jumlah lonjakan pasien yang terpapar covid-19, sekarang kita lakukan penambahan jumlah ruangan dan tempat tidur.

“Kita juga butuh tambahan tenaga perawat dan untuk tenaga medis diberlakukan enam shift supaya mereka tidak terlalu kelelahan yang dapat berakibat buruk untuk terjangkit virus covid -19,” ujar Naeli.

Ia menambahkan, RSUP Dr M Djamil sudah menyediakan wastafel untuk cuci tangan di beberapa titik. Namun harus perlu ada penambahan lagi. Suplai air siap minum dari pihak PDAM juga sangat membantu.

Dalam kesempatan itu, Syafriar Naeli juga menyampaikan suka duka karyawan atau perawat RSUP M Djamil sejak adanya kasus covid-19. Ada perawat yang diusir oleh pemilik kos karena dianggap membawa penyakit.

Baca Juga :  Anggota DPRD Padang Mukhlis Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Koto Tangah

Pada kesempatan itu, Ilham Maulana menyebutkan Kota Padang memiliki rusunawa yang dapat dipakai dan dijadikan asrama tenaga medis penanganan covid-19. Dan ini akan koordinasikan dengan Pemko Padang.

Kita akan dorong pemerintah kota untuk bantuan APD serta Dinas PUPR untuk melakukan pengaspalan didalam lingkungan RSUP Dr M Djamil. Tidak hanya bergantung ke Provinsi, pemerintah kota juga harus berkontribusi,” ujarnya.

Ilham Maulana juga meminta Pemerintah Kota Padang menyediakan wastafel pada fasilitas umum yang ada di Kota Padang.

“Ini sangat bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran  Covid-19. Semoga di dalam  ramadhan tahun ini wabah virus corona ini segera berakhir,” harapnya. (*d79/sz/red)