Antisipasi Perkembangan Virus CoVID-19 dan Pelaksanaan PSBB, Pasar Serikat Garagahan-Lubuk Basung Ditutup

35
Berita Acara Penutupan Pasar Serikat Lubuk Basung -Garagahan. (anz)

Lubuk Basung, Padang Expo

Pasar tradisional yang terletak di jantung ibukota Kabupaten Agam adalah Pasar Serikat Garagahan-Lubuk Basung yang telah menjadi urat nadi masyarakat Agam saat ini aktivitasnya harus ditutup sejak Kamis (7/4).

Dalam keterangannya, Harmezi selaku Camat Lubuk Basung mengatakan adapun berita acara penutupan Pasar Serikat Garagahan-Lubuk Basung tersebut ditandatangani oleh kedua wali nagari yakni Garagahan dan Lubuk Basung, dan juga pengurus pasar beserta Camat Lubuk Basung.

Harmezi mengatakan, bahwa menjelang berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pertama berakhir di sumbar, Kabupaten Agam dibuat shock oleh CoVID-19 yang mendadak muncul. Hingga hari ini sudah ada 13 orang warganya terpapar CoVID-19, yang mana 9 diantaranya adalah tenaga medis di Agam, dan seorang tenaga medis di Lubuk Basung.

Berdasarkan dari itulah, dimasa PSBB yang kemarin sedikit longgar, mulai hari ini tidak ada lagi toleransi, maka pasar tersebut untuk sementara waktu hingga kondisi membaik kita tutup, ungkapnya.

Sedangkan, Martias Wanto selaku Ketua Harian GT2P COVID-19 Agam mengatakan setelah adanya warga yang terpapar CoVID-19, Pemkab Agam bekerja keras menekan perkembangan virus tersebut. Untuk mengantisipasi dan mengambil langkah serius maka pihaknya terpaksa harus menutup sejumlah pasar di Wilayah Zona merah, sejak Rabu (6/5) lalu.

Adapun penutupan pasar tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus CoVID-19 di Agam sebab sudah ada yang terpapar, ujar Martias Wanto.

Sebab, apapun alasannya pasar adalah sebuah tempat keramaian, menjadi salah satu sasaran utama bagi penyebaran CoVID-19 akibat tingginya aktivitas masyarakat antara pedagang dan pembeli sehingga membuat kondisi semakin rawan, sebutnya.

Maka dari itu, kami dari Pemkab Agam meminta semua pihak untuk mendukung langkah dan kebijakan ini, karena semuanya kita lakukan untuk keselamatan kita bersama, ungkapnya. (*d79/anz)

Baca Juga :  Cegah Penyebaran CoVID-19, DPMPTSP-Naker Agam Bagikan Masker