Bupati Agam Indra Catri: Puskesmas dan RS Benteng Terakhir Menangani CoVID-19

16

Canduang, Padang Expo

Dalam mengatasi serta menyikapi perkembangan kondisi dilapangan, Bupati Indra Catri terus konsentrasi dengan kesiapan para petugas kesehatan dalam melayani pasien, khususnya yang terpapar CoVID-19.

Sudah hampir seluruh Puskesmas dikunjungi Bupati untuk bisa memastikan kesiapan baik dari tenaga medis maupun kelengkapan APD para tenaga kesehatan dalam menghadapi pasien CoVID-19.

Setelah mengunjungi beberapa Puskesmas, Bupati Agam didampingi beberapa pimpinan OPD kembali mengunjungi beberapa Puskesmas yakni, Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Batu Kambing, Puskesmas Balai Ahad dan Puskesmas Lasi, Jum’at (15/5)

Bupati mengatakan, Agam sangat berbeda dengan daerah lain, mungkin saja daerah lain Puskesmas dan rumah sakit sebagai front terdepan dalam mengatasi Covid-19, tetapi di Agam justru menjadi benteng terakhir.

Langkah ini telah diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lapangan. Langkah yang dimaksud yaitu, telah diterapkannya social dan physical distancing mulai dari kecamatan, nagari hingga jorong, ulas Bupati.

“Implementasi social dan physical distancing ini dengan cara tidak pergi ke pasar bila tidak terlalu penting, jagak jarak, hindari kerumunan dan lainnya,”

Bupati mengatakan, jika ini sudah terlaksana dan masih terpapar, maka kita perlu melakukan tracing dan swab, seperti yang dilakukan pada warga Agam yang terpapar Covid-19 beberapa hari lalu.

Lalu selanjutnya dilakukan ‘test pool’ dan terakhir baru dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Itu pun pasien tidak boleh melebihi 30 menit di Puskesmas. Semakin lama di Puskesmas, semakin besar kemungkinan ia memaparkan.

Bupati menjelasjkan “Maka dari itu, untuk memperkuat Puskesmas dan rumah sakit dalam menghadapi ini, kita sangat perlu kelengkapan APD bagi tenaga para medis. Sebab, tidak menutup kemungkinan tenaga medis juga ikut terpapar Covid-19,” sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Indra Catri, Tinjau Stok Beras Untuk Masyarakat

Sedangkan Puskesmas yang dikunjungi hari ini adalah Puskesmas Lubuk Basung diserahkan APD berupa baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 20.

Puskesmas Batu Kambing baju hazmat 50, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Balai Ahad baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Lasi baju hazmat 30, hand sanitizer 4 botol , rapid test 20 dan shower cup 100. (*d79)