Bupati Agam Indra Catri, Tinjau Beberapa Puskesmas Terkait Kesiapan Dalam Menangani Pasien CoVID-19

24
Bupati Indra Catri saat menjalani pemeriksaan suhu tubuh, pada salah puskesmas yang dikunjungi. (Ist)

Tanjung Mutiara, Padang Expo

Untuk melihat secara langsung, bagaimana kesiapan para tenaga media dalam menangani pasien CoVID-19, Bupati Agam Indra Catri langsung turun ke beberapa puskesmas yang ada di Wilayah tersebut, Senin (11/5)

Awal peninjauan ini dilakukan di Puskesmas Manggopoh dan dilanjutkan ke Puskesmas Bawan, lalu menuju Tiku dan terakhir di Puskesmas Muaro Putuih.

Saat melakukan kunjung tersebut, Bupati Indra Catri didampingi beberapa pimpinan OPD sekaligus melakukan simulasi penanganan terhadap pasien yang terpapar Covid-19 bersama tenaga medis.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Indra Catri juga harus menjalani beberapa tahapan seperti pengukuran suhu tubuh, screening riwayat perjalanan oleh para tenaga media dengan memakai kostum APD, lalu diarahkan ke ruangan selanjutnya untuk pemeriksaan.

Dalam hal ini Bupati mengatakan, “Tenaga medis dan para petugas lainnya tidak perlu takut dalam menangani pasien, namun harus tetap waspada. Jika ada pasien yang datang terduga CoVID-19, maka harus diambil langkah apa yang seharusnya dilakukan,” Ujarnya.

Adapun langkah yang dimaksud oleh Bupati, para tenaga medis dan lainnya harus lebih memperhatikan pasien tersebut, riwayat perjalanannya dan siapa saja yang kontak erat dengan mereka harus dilakukan cleaning atau isolasi, ujarnya.

Jika langkah ini tidak dilakukan, maka virus akan mudah menyebar, baik kepada tenaga medis atau yang lainnya, maka dari itu kita meminta untuk kewaspadaannya dari para tenaga medis dalam hal penanganan ini, ujar Bupati.

Bupati Indra Catri mengatakan, akan selalu mensupport para tenaga medis didalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. Ia mewakili Pemerintah Kabupaten Agam akan terus berupaya untuk melengkapi APD untuk para tenaga medis, supaya bisa mengatasi pasien terpapar tanpa terpapar, apalagi memaparkan.

Baca Juga :  Paslon Bupati dan Wabup Agam Hariadi-Novi Endri Resmi Mendaftarkan Diri ke KPU Agam

Maka dari itu kami berharap, agar semua puskesmas saat melakukan simulasi terhadap pasien terpapar CoVID-19 tidak terlalu panik, ungkap Bupati. (*d79)