Bupati Indra Catri : Hindari Keramaian Saat Pandemik CoVID-19, Hari Raya Idul Fitri di Rumah Saja

23

Lubuk Basung, Padang Expo

Atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Agam Dr.H.Indra Catri beserta seluruh aparat dan keluarganya sampai permohonan maaf pada seluruh unsur masyarakat, karena Minggu,(24/5) sudah dilaksanakan shalat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah, ujarnya.

Apalagi ditengah tantangan penyebaran pandemic covid-19 ini masyarakat berjuang sebulan penuh menunaikan ibadah puasa. Banyak kejadian luar biasa dihadapi masyarakat kabupaten Agam termasuk unsu pelaksana percepatan penanganan covid-19 di seluruh wilayah nagari di kabupaten Agam.

Bupati mengatakan,” Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1441 hijriah ini sangat berbeda, ada hal luar biasa yang harus dilewati dan dikerjakan pemerintah, demi menyelamatkan masyarakat dari ancaman penyebaran virus corona yang mematikan,“ ujarnya, Jum’at (22/5).

Adapun terkait dengan potensi penyebaran covid-19 di kabupaten Agam, sejak awal Mei perkembangan di lapangan, sudah ada 17 warga yang dinyatakan positif terpapar covid-19 dan 11 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh serta sudah bergabung dengan keluarganya di rumah untuk merayakan hari kemenangan nan fitri.

“Kita sangat bersyukur, dari hasil tracing sesuai cluster yang sudah ditelusuri itu, sudah bisa diurai, dan 11 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, mudah-mudahan seluruh warga yang Agam yang masih dirawat saat ini segera sembuh dan kembali ke rumah masing-masing, “ ujarnya.

Adapun pelaksanaan ibadah shalat hari raya Idul Fitri 1441 hijriah tahun ini, sesuai himbauan yang disampaikan pihaknya, masyarakat diminta untuk mentaatinya, dengan menggelar shalat hari raya Idul Fitri di rumah saja, bagi masyarakat yang menggelar shalat IED berjamaah, dimintaa mentaati persyaratan yang sudah disampaikan, menjaga protokol kesehatan covid-19, dan akan diawasi khusus.

“Pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tahun ini sangat berbeda, kita petik hikmah dan pengalaman. Kami berharap, masyarakat bisa selalu mawas diri, taati protokol penangana covid-19, jaga jarak, pakai masker. Mohon maaf lahir bathin, “ ulas Indra Catri.

Baca Juga :  Komisi I DPRD Agam Kunjungan Kerja ke BKPSDM Sumbar Terkait Pengangkatan Pegawai Kontrak Jadi P3K

Sedangkan untuk pelaksanaan hari raya Idul Fitri tahun ini Pemkab Agam meniadakan kegiatan malam takbiran dan shalat Idul Fitri baik di lapangan kantor bupati Agam atau lokasi resmi yang sudah biasa dilaksanakan sebelumnya. (d79)