Bupati Agam, Indra Catri : Berikan Bantuan APD untuk Puskesmas

16

Tilatang Kamang, Padang Expo

Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Dt, Malako Nan Putiah menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk puskesmas yang dikunjunginya hari ini, Sabtu(9/5).

Pada kesempatan itu, Bupati Agam didampingi, Sekretaris Daerah, Martias Wanto, Kepala Bappeda, Welfizar, Kadis Pertanian, Arif Restu, Kadis Pariwisata Syatria, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Agam, Khasman Zaini dan lainya, menyerahkan APD kepada masing-masing Kepala Puskesmas Maninjau, Pakan Kamih dan Ampek Koto.

Bupati Agam DR. H. Indra Catri, Dt, Malako Nan Putiah, mengatakan, penyerahan APD ini, untuk mendukung kesiapan puskesmas dalam menangani pasien yang terduga terpapar Covid-19.

“Ada dua hal yang menjadi poin penting untuk menjadikan puskesmas siap dan bisa melayani pasien yang terpapar tanpa terpapar,” ujarnya

Pertama, peralatan yang lengkap dan penanganan pasien dengan cara yang benar, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Jika peralatan lengkap dan bagus, tapi petugas tidak patuh dan tidak disiplin, maka dapat mengancam keselamatan dan kesehatan. Naamun sebaliknya, jika petugas disiplin dan melaksanakan sesuai dengan SOP yang berlaku, serta memahami situasi yang dihadapi, insyaallah, masih bisa waspada dan hati-hati,” jelasnya.

Selain itu, petugas yang bekerja dibidangnya masing-masing, seperti sopir ambulans, satpam, petugas labor, dokter, perawat dan petugas kebersihan, harus memperhatikan keamanan, keselamatan, dan bekerja sesuai protap yang berlaku.

Oleh sebab itu, sangat perlu ilmu, pemahaman, dan kemampuan petugas dalam menghadapi situasi saat sekarang ini.

“Diharapkan kepada seluruh petugas medis untuk dapat melakukan simulasi-simulasi dalam penanganan pasien yang terpapar Covid-19, sehingga para petugas bisa terlatih dan disiplin serta meningkatkan kemampuan,” harapnya.

Kedepanya kata Indra Catri, pihaknya akan melakukan perbaikan dan meningkatkan kemampuan petugas serta melengkapi peralatan, sehingga tidak ada lagi celah yang bisa membuat transmisi lokal semakin meluas.(*d79)

Baca Juga :  Bupati Agam, Indra Catri : Pertanian adalah Jaring Pengaman Sosial di Masa Pandemik CoVID-19