Pemkab Agam : Sebanyak 65% KK Ditargetkan Bisa Terlayani Beragam Jenis Bantuan Dampak CoVID-19

0

Lubuk Basung, Padang Expo

Bupati Agam Dr.H.Indra Catri targetkan 65 persen kepala keluarga (KK) di kabupaten Agam akan bisa terlayani dengan beragam jenis bantuan yang disiapkan pemerintah dalam penanganan dampak ekonomi (PDE) Covid-19 di kabupaten Agam.

Pemkab Agam sudah mengkalkulasikan data seluruh masyarakat yang terdampak, dengan target minimal 65 persen KK dari seluruh total KK di kabupaten Agam bisa terserap bantuan percepatan penanganan penyebaran covid-19 dengan berbagai jenis bantuan yang sebagian sudah didistribusikan sebelumnya.

Bahkan, memasuki bulan kedua pandemic covid-19, akhir Mei ini, Pemkab.Agam sudah mulai mendistribusikan bantuan BLT memanfaatkan dana APBD 2020, dengan estimasi KK yang terlayani mencapai 22,2 persen.

Hal itu dijelaskan Bupati Agam melalui Khasman Zaini, Kepala Bagian Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam, untuk PDE Covid-19 di kabupaten Agam, pemerintah bersama pihak ketiga menyalurkan 6 jenis bantuan untuk masyarakat, baik bantuan dari pemerintah pusat, dana desa, Pemprov Sumbar, dana daerah dan bantuan pihak ketiga lainnya, dengan total estimasi warga yang terlayani mencapai 65 persen dari total KK di kabupaten Agam, Jum’at (29/5)

Persentase penyaluran bantuan itu berasal dari PKH dari Kemensos RI sekitar 13 persen, BST dari Kemensos sekitar 14 persen, BLT dari Propinsi sekitar 7 persen, BLT Dana Desa/Nagari sekitar 8 persen, BLT Kabupaten Agam sekitar 22,2 persen dan donatur/pihak ketiga lainnya sekitar 1 persen.

Dijelaskan, saat ini proses pencarian BLT Kabupaten Agam sudah mulai disalurkan, sementara jenis bantuan lain, mayoritas sudah tuntas disalurkan dan sudah dinikmati masyarakat yang berhak menerimanya.

Pencarian berbagai jenis bantuan diluar BLT Kabupaten Agam, masing-masing PKH Kemensos RI sekitar 13 persen dari jumlah KK sudah rampung, BST Kemensos sekitar 12 persen dari jumlah KK, sesuai tahapan dari pusat, BLT Pemprov Sumbar sekitar 7 persen sudah rampung, BLT dari Dana Desa sekitar 8 persen sudah rampung dan bantuan dari pihak ketiga lainnya sekitar 1 persen masih terus berlanjut.

Dengan demikian tercatat sudah 41 % dari total dana yang akan disalurkan (43 persen) dari jumlah KK. Sisanya, sekitar 2 persen akan tuntas disalurkan sampai akhir bulan Mei 2020. Sementara BLT Kabupaten Agam penyalurannya akan rampung Minggu Pertama bulan Juni.

Khasman Zaini mengatakan, penyalurkan BLT Kabupaten Agam sengaja dilakukan pada saat terakhir, dengan pertimbangan, terutama menggenapi sasaran BLT yang lainnya, menutupi pengurangan sasaran akibat perobahan regulasi dari BLT yang ada,menampung sasaran baru yang dinilai berhak mendapat bantuan namun belum terdata oleh Tim survey Pemerintah Nagari. (d79)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here