Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka, Ini Syarat dan Ketentuannya

0

Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 segera dibuka. Bagi yang belum juga berhasil lolos dan mendapat kartu pra kerja, bisa mengikuti di gelombang ke 4 yang akan segera dibuka pemerintah.

Seperti diketahui, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 3 telah selesai hari Kamis (30/4/2020) kemarin. Pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke 3 dilaksanakan sejak Senin 27 April sampai Kamis 30 April 2020.

Bagi yang belum beruntung lolos, bisa kembali ikut pendaftaran kartu pra kerja. Pendaftaran masih dibuka lebar untuk masyarakat Indonesia yang terdampak Covid-19. Kartu Pra Kerja sendiri digulirkan untuk membantu masyarakat yang terkena PHK dan menjadi pengangguran akibat pandemi corona.

Daftar kartu pra kerja tetap dilakukan di website resmi www.prakerja.go.id. Jutaan warga Indonesia sudah pernah mengakses dan daftar kartu pra kerja. Namun, pemerintah memberlakukan kuota dalam setiap gelombangnya, sehingga semua yang daftar tidak bisa langsung lolos.

Mereka yang belum lolos atau gagal dalam pendaftaran kartu pra kerja sebelumnya, terjadi lantaran kesalahan umum saat melakukan registrasi. Perbaiki kesalahan tersebut dalam pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4. Lalu bagaimana langkah-langahnya:

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Untuk Peserta Gagal dan Peserta Baru

Dikutip dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, setiap peserta yang gagal baik di gelombang pertama, kedua dan ketiga masih bisa mendaftar lagi di gelombang berikutnya. Tahun 2020 ini, pemerintah membuka 30 gelombang kartu pra kerja, untuk 5,6 juta orang.

Bagi peserta gelombang ke 3 yang lolos verifikasi namun tak lolos menjadi anggota penerima kartu pra kerja, tidak perlu melakukan registrasi ulang, apabila mau mengikuti seleksi kartu Pra Kerja pada gelombang keempat dan selanjutnya.

Pihak atau admin Kartu Prakerja bakal mengirimi link ke email masing-masing untuk mengikuti gelombang berikutnya jika di gelombang selanjutnya gagal. Sehingga pendaftar yang sudah pernah mencoba di gelombang sebelumnya, tak usah daftar lagi.

Lalu bagaimana cara melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 bagi peserta yang baru daftar? Berikut langkah-langkahnya.

Namun sebelum kamu melakukan pendaftaran kartu pra kerja, kamu harus membuat dulu akun dengan menggunakan email atau nomor telepon (yang aktif). Berikut cara dan langkah membuat akun pra kerja:

Buat Akun Kartu Pra Kerja

  1. Pertama masuk laman resmi pra kerja di prakerja.go.id
  2. Klik menu login
  3. Masukan identitas jelas dan benar nama sesuai KTP, masukan juga email dan passwordnya
  4. Setelah itu, klik menu Daftar
  5. Tunggu sampai ada notifikasi masuk ke email kamu
  6. Setelah notifikasi masuk, buka email dan lakukan langkah verifikasi.

Setelah berhasil verifikasi dan memiliki akun, kamu tinggal melakukan pendaftaran akun kartu pra kerja gelombang 4. Caranya sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun pra kerja
  2. Masuk ke laman prakerja.go.id
  3. Klik menu login
  4. Masukan alamat email dan password ke dalam kolom yang sudah disediakan
  5. Klik tombol atau menu Login
  6. Setelah berhasil login, kamu baru akan masuk ke dashbord
  7. Isi verifikasi KTP dan Klik ‘Berikutnya’
  8. Lengkapi data diri secara benar, kemudian unggah foto KTP dan swafoto diri kamu.
  9. Langkah selanjutnya yakni verifikasi nomor telepon
  10. Jika sudah selesai, klik menu ‘Kirim’. Setelah beres verifikasi, kamu tinggal mengisi ‘Pernyataan Pendaftar’.

Ikuti Tes

Setelah selesai melakukan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4, kamu tinggal mengikuti ujian atau test lebih dulu sebelum bisa dapatkan kartu pra kerja. Tes tersebut dilakukan sebagai upaya mengetahui sejauhmana kompetensi dan potensi yang para peserta miliki. Tes kartu pra kerja sendiri mesti dilakukan dalam waktu 25 menit. Setiap peserta diberikan pertanyaaan dengan 18 soal.

Soal-soal umum seperti matematika, pengurutan instruksi dan pemahamaan bacaan non sastra harus kamu isi dengan benar jika ingin lolos seleksi. Kabar baiknya, kamu diperbolehkan mengisi soal dengan menggunakan alat bantu corat-coret lainnya seperti pensil atau bolpoin dan kertas.

Setelah beres mengisi ujian tes, hasil tes yang kamu isi tersebut bakal di evaluasi terlebih dahulu. Tunggu beberapa menit sampai hasil evaluasi tes keluar. Jika hasil evaluasi tak kunjung keluar, kamu bisa mengklik tombol Refresh. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi hasil tes apakah berhasil lolos atau tidak.

Bagi kamu yang lolos seleksi dan mendapatkan kartu prakerja, akan mendapatkan uang senilai Rp 1 juta, untuk biaya pelatihan. Selama pandemik Covid-19, pelatihan bagi peserta kartu pra kerja akan dilakukan secara online. Setelah selesai mengikuti kegiatan pelatihan, peserta akan mendapatkan uang insentif selama 4 bulan, perbulannya Rp 600 ribu.

Selain itu, peserta juga akan mendapat insentif untuk survei kebekerjaan Rp 150 ribu untuk tiga kali survei. Insentif tersebut diberikan kepada peserta melalui transfer ke rekening masing-masing peserta, atau lewat e-wallet yang sudah didaftarkan setiap peserta di akun www.prakerja.go.id.

Itulah beberapa langkah bagi kamu yang ingin mengikuti pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. Salam sukses! (*d79/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here