Tim Gugas Covid-19 Magelang Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional dan Modern

108

Magelang, Padang Expo

Tim Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang melakukan pengawasan sekaligus sosialisasi penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional dan moderen. Hal ini untuk memastikan masyarakat berpartisipasi dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19).

Tim dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Joko Budiyono, didampingi Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Catur Budi Fajar Soemarno serta Kepala Satpol PP Singgih Indri Pranggana.

Monitoring di pasar tradisional dimulai dari Pasar Gotong Royong Magelang, Sabtu (16/5/2020) malam. Tim berkeliling pasar induk sayur mayur  untuk melihat langsung kondisi pasar. Sebagian besar pedagang maupun pembeli sudah mengenakan masker, namun beberapa ada yang belum.

“Bersama tim kami memonitor pasar, untuk melihat bagaimana penerapan protokol kesehatan mencegah Covid-19. Kami sosialisasi pentingnya protokol ini demi mencegah semakin meluasnya virus Covid-19. Pasar adalah lokasi strategis karena di sini tempat bertemunya banyak orang dari mana-mana,” ujar Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono.

Sebelumnya, tim juga terjun langsung memantau ke pasar-pasar moderen, antara lain di Gardena dan Matahari Dept Store di kawasan Alun-alun Kota Magelang, serta supermarket Superindo di Jalan Pahlawan Kota Magelang. Pemantauan di pasar moderen sesuai dengan Surat Edaran (SE) Disperindag Kota Magelang nomor 510/729/250 tanggal 15 Mei 2020.

“Kami juga cek langsung implementasi protokol kesehatan di pasar moderen,” kata Joko.

Kepala Disperindag Kota Magelang Catur Budi Fajar Soemarmo mengungkapkan, hasil pengecekan sementara, di supermarket Superindo sudah ada tempat cuci tangan, ada petugas pengecek suhu tubuh pengunjung dan sudah ada tanda jaga jarak di antrean kasir.

BACA JUGA :  BLT Dana Desa Tahun 2020 Kabupaten Bantul Mulai Disalurkan

“Namun petugas di Superindo belum menggunakan sarung tangan. Sedangkan di Matahari juga sama. Di Gardena sudah ada pengecekan suhu dan disediakan hand sanitizer, tapi untuk garis batas di kasir di lantai 1,2,3 belum ada,” terangnya.

Pada kesempatan itu, tim langsung memberikan pembinaan kepada pengelola pasar moderen supaya segera membenahi protokol kesehatan yang masih kurang. (mar)