Urai Kemacetan, Pemkab Agam Siapkan 7 Unit Poskotis Antisipasi Lalin Idul Fitri 1441 H

29

Lubuk Basung, Padang Expo

Untuk mengurai kemacetan menjelang maupun pasca Idul Fitri 1441 H Pemkab Agam siapkan 7 unit Pos Keamanan atau Poskotis di sejumlah titik.

Dandi Pribadi selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam mengatakan, adapun 7 Unit Poskotis ini dibentuk ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang berdampingan dengan Posko CoVID-19.

Poskotis yang berdiri sendiri ada di Kecamatan Matur dan Palupuah, Ungkapnya. Sedangkan yang berdampingan dengan Posko CoVID-19, Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Salareh Aia Kecamatan Palembayan, Sampan Kecamatan Lubuk Basung, Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua, Padang Tarok Kecamatan Baso.

Sebelumnya, Poskotis ini sudah terbentuk 24 April lalu, akan beroperasi hingga 30 Mei 2020. Rencananya besok (20/5) Bupati Agam bersama Wakil Bupati akan melakukan peninjauan pada tiap-tiap posko, ujarnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan Lalulintas menjelang Idul Fitri ini, seluruh petugas akan dikerahkan, mulai dari Dinas Perhubungan, Satpol PP-Damkar, BPBD, TNI dan Polri. Sedangkan, Poskotis yang berdampingan dengan Posko CoVID-19 diminta agar bisa saling bersinergi dalam menjalankan tugas.

Dandi mengatakan, meskipun saat ini sedang dalam pelaksanaan masa PSBB, tidak dapat dipungkiri jika masyarakat akan tetap melaksanakan perjalanan keluar. Maka dari itu perlu dibentuk Poskotis untuk mengurai kemacetan nantinya, ujarnya.

Dandi mengatakan, “Jika itu terjadi, kami berharap masyarakat agar tetap menerapkan protokol CoVID-19, agar penyebaran wabah virus CoVID-19 tetap dapat diatasi,” ungkapnya.

Dalam hal penerapan PSBB oleh Pemprov Sumbar, ia mengatakan cukup terbantu dalam pengamanan lalulintas menjelang dan pasca Idul Fitri nanti, hingga saat ini arus lalulintas masih dalam kondisi normal.

“Untuk itu, kita berharap PSBB dapat diperpanjang, karena PSBB jilid II akan berakhir hari ini. Jika PSBB dicabut, tentu tidak ada lagi penjagaan tapal batas kita,” ungkap Dandi.(*d79)

Baca Juga :  Paslon Bupati dan Wabup Agam Hariadi-Novi Endri Resmi Mendaftarkan Diri ke KPU Agam