Warga Agam Masuk Cluster Pasar Raya Padang, Terkonfirmasi Positif CoVID-19

29

Lubuk Basung, Padang Expo

Salah seorang warga Agam asal Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Raya setelah masuk cluster pasar Raya Padang terkonfirmasi positif Covid-19.

Khasman Zaini selaku Juru Bicara CoVID-19 Agam, Selasa (26/5) mengatakan bahwa arga Agam yang masuk cluster pasar raya Padang ini berjenis kelamin laki-laki dengan inisial IRJ (20).

Ia dinyatakan Positif CoVID-19 setelah mengikuti tes swab massal di Kota Padang, ujar Khasman. “Setelah hasil tes swab keluar, ternyata 1 orang yang berasal dari Agam dinyatakan Positif CoVID-19”.

Khasman menerangkan, bahwa IRJ kesehariannya berdagang di Pasar Raya Padang bersama kakaknya. Ia diduga kontak dengan warga yang positif CoVID-19, sebab di Pasar tersebut banyak warga yang terpapar CoVID-19.

Khasman mengatakan, menurut informasi yang diterima dari Dinas Kesehatan Agam, hasil tes swabnya keluar pada hari pertama lebaran, dan esoknya kembali dilakukan tes swab.

Saat ini IRJ sudah dibawa ke Bapelkes Padang untuk perawatan, dan langsung dibawa oleh tim RSUD Lubuk Basung.

Memang sangat disayangkan, ujar Khasman, apalagi IRJ sempat melakukan beragam kegiatan di kampung halaman, bahkan IRJ ikut melaksanakan Shalat Idul Fitri dan bersilaturrahim ke rumah keluarga.

Khasman mengatakan, seharusnya GTP2 CoVID-19 Agam langsung bergerak cepat untuk melakukan tracing terhadap siapa yang pernah kontak langsung dengan IRJ agar tidak terjadi transmisi lokal. Melalui tracing, kemarin 58 orang yang kontak dengan IRJ termasuk jamaah masjid dilakukan swab test.

Bagi warga yang sudah dilakukan pengambilan swab tes, diminta untuk segera mengisolasikan diri dirumah, sampai nanti mereka dipastikan sudah tidak terpapar CoVID-19. Dan kami berharap agar tidak terjadi lagi penambahan kasus Positif CoVID-19 di Kabupaten Agam, tegas Khasman. (*d79/anz)

Baca Juga :  Tim GT2P CoVID-19 Agam Bubarkan Warga yang Berkumpul di Warung