Agenda Pembahasan Dalam ViCon Mengevaluasi Tentang Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19

114

Pasbar, Padang Expo

Gubernur Sumatera Barat kembali mengadakan Video Conference (Vidcon) tentang “Evaluasi Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Antara Gubernur Dengan Bupati/Walikota se-Provinsi Sumatera Barat”,

Acara video confrence tersebut turut Sekda Yudesri, Asisten I Setua Bakti,Asisten II Irwan, Asisten III Raf’an dan serta seluruh Kepala OPD, vidcon diadakan di ruang Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (15/6/2020).

Dalam vidcon tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membicarakan 5 Agenda yang akan di sampaikan kepada seluruh Bupati/Walikota se-Sumatera Barat. 5 Agenda tersebut yaitu tentang, Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB PAC), Penanganan Covid-19 Di Era TNB PAC, Pemulihan Ekonomi, Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Pendidikan, dan Persiapan Pilkada 2020.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Mengenai Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 (TNB PAC) Gubernur menyebutkan  dalam evaluasi pertama terkait dengan new normal itu adalah berapa pertumbuhan positif COVID-19 pada saat diterapkannya kehidupan new normal yang akan datang.

Untuk itu, kita perlu betul-betul menyiapkan system kesehatan kalau terjadi gelombang baru dan alhamdulillah sebagai data terakhir sampai tanggal 14 Juni 2020 perkembangan positif COVID-19 di Sumatera Barat kita dibawah 1%. Maka kondisi kita saat ini dari kajian epidemologi yang jadi patokan dasar kita untuk mengevaluasi tatanan baru yang aman COVID-19 ini,” ujar Irwan

Disampaikan, untuk agenda kedua Penanganan COVID-19 ini, kita tetap harus melakukan testing, tracking, isolasi, dan treathmen. Jadi untuk Bupati/Walikota di kondisi new normal seperti ini tetap mengerjakan semua itu.

“Testing tetap dimaksimalkan dan dimasifkan , tetapi testing yang dilakukan sekarang tidak hanya untuk tracking tidak hanya untuk PDP yang masuk rumah sakit dan tidak hanya untuk ODP dan OTG , tapi dalam kontek new normal ini kita pastikan semua yang terlibat dalam pelayanan  publik itu mereka bebas COVID-19″

BACA JUGA :  Ini Harapan FOKAN, Jika Mantan Ajudan Presiden Komjen Pol.Listyo Sigit Jadi Kapolri

Kemudian, untuk agenda ketiga tentang Pemulihan ekonomi. Untuk pemulihan ekonomi bisa kita sebut dengan pemanasan  dan pemanasan ini perlu dukungan baik dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota supaya ekonomi daerah ini betul-betul bergerak seperti ekomoni semula. Jadi point ketiga ini Gubernur Sumbar meminta untuk ditindak lanjuti oleh Bupati dan Walikota yang ada,” katanya

Setelah itu, untuk agenda ke empat yaitu tentang persiapan tahun ajaran baru pendidikan. Menurut Gubernur untuk tahun ajaran baru sesuai dengan edaran yang diberikan oleh Kemendikbud, bahwa untuk aktivitas belajar mengajar tetap diberlakukan mulai tanggal 13 Juli 2020 dengan mematuhi semua protokol acOVID-19 yang sudah ditetapkan untuk sekolah-sekolah, dan keputusan ini akan final dan diketahui lagi pada vidcon terakhir yang akan diadakan di awal bulan Juli 2020 mendatang.

Selanjutnya, agenda yang kelima adalah tentang persiapan Pilkada tahun 2020. Dalam hal ini menindak lanjuti tentang pelaksanaan Pilkada 2020 Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen menyampaikan, bahwa sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI Nomor 258/PL.02-Kpt/01/VI/2020 yang ditetapkan hari ini Senin 15 Juni 2020 bahwa tahapan Pilkada dimulai kembali dengan mematuhi protokol COVID-19.

Dalam surat keputusan itu disebutkan bahwa tahapan Pilkada dilanjutkan dengan pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara, verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja petugas pemutahkiran data pemilih, serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” jelasnya

Setelah Vidcon selesai Bupati memberikan arahan menyampaikan, kepada Sekda, Asisten I, II, III serta seluruh kepala OPD bahwasanya kita kembali menjalin hubungan silaturrahmi dan hubungan kekeluargaan dan tetap komunikasi yang baik karena akhir-akhir ini kita di terpa wabah COVID-19 sehingga kita jarang bertemu dan kurang berkolaborasi.

BACA JUGA :  Menaker Ida Fauziyah Luncurkan Posko THR 2021 Untuk Fasilitasi Hak Para Pekerja

Maka dari itu,  tetap menjalankan tugas dengan mengoptimalkan kinerja yang ada karena keberhasilan kita berkat kerjsama kita bersama, ” pungkas Yulianto. (by.roni)